Mahasiswa UMBY Ajari Siswa SMA N 1 Pengasih Liveworksheet  

Mahasiswa UMBY Ajari Siswa SMA N 1 Pengasih Liveworksheet  
Mahasiswa UMBY Ajari Siswa SMA N 1 Pengasih Liveworksheet

Siarpedia.com, Yogyakarta – Perkembangan teknologi tidak dapat dihindari pengaruhnya pada pembelajaran di sekolah. Sekolah dituntut mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada melalui software, website dan aplikasi pembelajaran. Seperti misalnya menggunakan quizizz, kahoot, moodle, appy pie, schoology, mentimeter, liveworksheet, dan lain sebagainya.

 

Liveworksheet merupakan website yang dapat mengubah lembar kerja tradisional menjadi lembar kerja online. Website pembelajaran liveworksheet ini sangat efektif dan efisien, terlebih dapat menghemat kebutuhan kertas yang biasa digunakan selama pembelajaran. Nyatanya, hal tersebut dibutuhkan oleh guru dan siswa di SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo.

 

Zumrotul Istifadah salah satu mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang membantu membuat dan mengajari siswa SMA Negeri 1 Pengasih pada materi eksponen menggunakan liveworksheet. Zumrotul Istifadah mengatakan siswa di SMA Negeri 1 Pengasih perlu mengeksplor berbagai jenis teknologi pembelajaran yang saat ini berkembang.

 

Perkembangan teknologi yang pesat membuat saya yang sebentar lagi pensiun perlu belajar dan beradaptasi dalam waktu yang cukup lama. Tetapi, adanya mahasiswa Praktik Magang Pendidikan dari FKIP UMBY membuat saya mampu mengimbangi adanya perubahan yang ada,”

 

Penggunaan liveworksheet pada pembelajaran mendapat respons positif dari guru matematika kelas X IPA SMA N 1 Pengasih Drs Rustam Jastana. “Perkembangan teknologi yang pesat membuat saya yang sebentar lagi pensiun perlu belajar dan beradaptasi dalam waktu yang cukup lama. Tetapi, adanya mahasiswa Praktik Magang Pendidikan dari FKIP UMBY membuat saya mampu mengimbangi adanya perubahan yang ada,” ujarnya.

 

Baca Juga ; PKM UMBY Inisiasi Pendirian Pawon Bocah   

 

Selain itu, penggunaan liveworksheet ini juga memperoleh respons positif dari siswa karena mereka dapat langsung memperoleh hasil koreksian dari tugas yang dikerjakan. Tak hanya oleh siswa dan guru, penggunaan teknologi dalam pembelajaran juga memperoleh respons baik dari Koordinator Pelaksana Magang Pendidikan SMA N 1 Pengasih Suratna SPd MEng yang ditemui oleh Dosen Pembimbing Lapangan Nafida Hetty Marhaeni MPd. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: