PKM UMBY Inisiasi Pendirian Pawon Bocah   

PKM UMBY Inisiasi Pendirian Pawon Bocah
PKM UMBY Inisiasi Pendirian Pawon Bocah 

Siarpedia.com, Bantul – Sebagai salah satu Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat dari Dikti, Tim PKM Universitas Mercu Buana Yogyakarta melakukan pendampingan pendirian “Pawon Bocah” sebagai sarana menumbuhkan kreativitas dan mental enterpreneurship anak PAUD “Bintang Bintang” di Panggang Argomulyo Sedayu. Tim digawangi Domnina Rani P Rengganis SPsi MSi, Dr Triana Noor Edwina DS MSi Psikolog dan Arita Witanti MT.

 

PKM UMBY ini dilakukan salah satunya melalui pemberian pengetahuan dan praktek diantaranya  memasak makanan tradisional, pengemasan dan pemasaran berbasis kearifan lokal dengan konsep Back To Nature (Green Economy) dan Literasi Digital (Digital Economy) berbasis kearifan lokal untuk menumbuhkan watak sociopreneur sejak dini yang diwadahi dalam “Pawon Bocah”.

 

Pengetahuan dan pemahaman kearifan lokal ini diawali sosialisasi program Pawon Bocah dan kelekatan anak serta orangtua, lalu dibarengi kunjungan ke tempat produksi makanan dan produk herbal, belajar membuat label, pemasaran digital dan juga meningkatkan kelekatan orangtua dan anak dimana salah satunya dilakukan dengan memasak bersama (hasil yang dipasarkan di Pasar Bocah adalah salah satu kreasi anak bersama orangtua mereka).

 

Baca Juga ; Tim PkM UMBY Latih Guru SMA Dharma Amiluhur Buat LKS Online  

 

Puncak dari Pendirian “Pawon Bocah” Berbasis Kearifan Lokal dan Literasi Digital (Pojok Literasi) adalah launching Pasar Bocah, Sabtu, 27 Agustus 2022 lalu. Domnina Rani P Rengganis menyampaikan terimakasih dan selamat untuk siswa siswi PAUD Bintang Bintang, orangtua siswa, serta guru  yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan Pawon Bocah, dan terutama Pasar Bocah.

 

Program Pawon Bocah ini sangat bermanfaat terutama untuk PAUD Bintang Bintang dan bisa menjadi percontohan bagi PAUD lain di Kelurahan Argomulyo,” 

 

Lurah Argomulyo Bambang Sarwono SSi Apt  menyambut baik program yang dilakukan tim PKM UMBY ini. Bambang Sarwono menambahkan bahwa ia membuka kesempatan dan mengundang tim PKM UMBY untuk bekerja sama dan memperluas PKM serupa di tingkat desa. “Program Pawon Bocah ini sangat bermanfaat terutama untuk PAUD Bintang Bintang dan bisa menjadi percontohan bagi PAUD lain di Kelurahan Argomulyo,” ujarnya. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

PKM UMBY Inisiasi Pendirian Pawon Bocah   

Tinggalkan Balasan