KKN 41 UMBY Bantu Revitalisasi Dusun Jamu Tradisional  

KKN 41 UMBY Bantu Revitalisasi Dusun Jamu Tradisional
KKN 41 UMBY Bantu Revitalisasi Dusun Jamu Tradisional 

Siarpedia.com, Yogyakarta – Saat ini gotong royong sudah mulai jarang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, namun hal ini tidak berlaku di Dusun Kiringan Canden Jetis Bantul. Masyarakat Dusun Kiringan masih menjunjung tinggi nilai gotong royong. Salah satunya yakni masyarakat Dusun bersama mahasiswa KKN Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)  kelompok 41 melakukan gotong royong revitalisasi dusun.

 

Dusun Kiringan Canden Jetis Bantul merupakan desa wisata jamu gendong, yang mana penduduknya penghasil jamu tradisional. Sehingga guna menunjukkan bahwa Dusun Kiringan sebagai dusun penghasil jamu tradisional maka dilakukan revitaliasi dusun yakni di bahu jalan menuju dusun ditanami tanaman serai. Tanaman serai ini ditanam sepanjang 200 meter.

 

Baca Juga ; KKN 35 UMBY Lakukan Branding Desa Wisata Bendo

 

Menurut Kepala Dusun Kiringan Sudiyatmi, penanaman pohon serai ini menjadi salah satu langkah yang bagus untuk meningkatkan kesan positif kepada pengunjung saat masuk ke dusun Kiringan yang selama ini dikenal dengan jamunya. Diharapkan dari kegiatan ini dapat memotivasi para warga Dusun Kiringan untuk menjaga dan melestarikan potensi alam yang ada

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Selasa, 22 Februari 2022, dosen pembimbing lapangan kelompok 41 Daniel Ari Widhiatama SPd MHum menyampaikan bahwa gotong royong ini sebagai perwujudan dari terlibatnya mahasiswa UMBY dalam upaya menjaga kebersihan desa dan menyongsong Desa Kiringan sebagai desa Wisata yang Unggul di Bantul.

 

“Kami mahasiswa KKN UMBY berharap masyarakat Dusun Kiringan mampu melestarikan potensi alam dan potensi desa agar bisa berkembang,” 

 

Diharapkan dari kegiatan ini memotivasi warga Dusun Kiringan melestarikan potensi alam agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. “Kami mahasiswa KKN UMBY berharap masyarakat Dusun Kiringan mampu melestarikan potensi alam dan potensi desa agar bisa berkembang,” kata Dika ini mahasiswa KKN UMBY, penanggungjawab revitalisasi Dusun Kiringan. (*).

 

KKN 41 UMBY Bantu Revitalisasi Dusun Jamu Tradisional  

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: