KKN 35 UMBY Lakukan Branding Desa Wisata Bendo

KKN 35 UMBY Lakukan Branding Desa Wisata Bendo
KKN 35 UMBY Lakukan Branding Desa Wisata Bendo 

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pandemi Covid-19 mengakibatkan terganggunya aktivitas ekonomi nasional. Sejak April 2020 sektor ekonomi di Indonesia mengalami situasi krisis, khususnya sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di DIY. Berbagai upaya perlu dilakukan dalam berbisnis, salah satunya menjaga dan membangun brand image pada produk atau jasa agar mendapat tempat di hati konsumen.

 

Sayangnya, tidak semua UMKM di Indonesia memiliki media promosi secara offline maupun online, termasuk desa wisata Bendo, hal ini mengakibatkan minimnya popularitas UMKM tersebut bagi wisatawan lokal maupun internasional. Oleh karena itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 35 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) manfaatkan alat prototipe Neon box untuk branding desa wisata Bendo.

 

“Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap upaya pengelolaan citra merek atau brand image,” 

 

Kegiatan pembuatan logo dan pemasangan neon box ukuran 90 x 50 dengan tiang 2.5 m dari tanah yang bertempat di Gang masuk Dusun Bendo. Jum’at, (11/02/2022). “Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap upaya pengelolaan citra merek atau brand image,” ungkap Ananda Baihaqi Nurrizky selaku penanggung jawab program kerja, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 21 Februari 2022.

 

Baca Juga ; KKN UMBY Bantu Tingkatkan Branding Mainan Tradisonal

 

Selain pembuatan logo, mahasiswa KKN dengan Dosen Pembimbing Lapangan KKN Kelompok 35 UMBY A Sidiq Purnomo SKom MEng juga melakukan pemasangan neon box sebagai media promosi dan branding UMKM di Desa Wisata Bendo. Neon box merupakan salah satu media promosi yang tren digunakan saat ini. Dengan tampilan media layaknya billboard yang memiliki lampu neon di bagian tengah, penggunaan neon box dinilai efektif.

 

Design neon box Desa Wisata Bendo menggunakan bentuk logo minimalis dengan nuansa warna coklat agar terlihat fresh terutama untuk para pemuda pemudi. Arti warna coklat sendiri dipercaya mampu menciptakan kenyamanan, keakraban serta rasa aman. Logo di atas tulisan Desa Wisata Bendo dibuat menyerupai jondol, karena di Desa Bendo memiliki jondol untuk bersantai. (*)

 

KKN 35 UMBY Lakukan Branding Desa Wisata Bendo
Ditag di:        

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: