Penyuluhan Budidaya Tanaman Buah di Embung Kawigesang

DestinasiRASA KabarUMBY NewsLINE
Penyuluhan Budidaya Tanaman Buah di Embung Kawigesang
Penyuluhan Budidaya Tanaman Buah di Embung Kawigesang

Siarpedia.com, Sleman – Eduekowisata merupakan bentuk pengembangan wisata dengan tetap bertanggung jawab dalam mempertahankan konservasi lingkungan beserta spesies dan ekosistemnya. Selain itu, eduekowisata menjadi wadah pengenalan dan pembelajaran budaya sejak dini yang berwawasan lingkungan. Pembangunan pariwisata berbasis pengelolaan lingkungan hidup merupakan salah satu sarana edukasi dan pendidikan karakter.

 

Prinsip ekowisata adalah meminimalkan dampak, menumbuhkan kesadaran lingkungan dan budaya, memberikan pengalaman positif pada turis (visitors) maupun penerima (host), memberikan manfaat dan pemberdayaan masyarakat lokal. Edu-ekowisata pada prinsipnya bukan hanya menjual destinasi alam, tetapi menjual ilmu pengetahuan dan filsafat lokal, atau filsafat ekosistem dan sosiosistem.

 

Baca Juga ;JITM 2021, Upaya Bangkitkan Pariwisata DIY

 

Dalam rangka pengembangan eduekowisata kawasan Embung Kawigesang Dusun Sangurejo Desa Wonokerto Sleman pada tanggal 18 Oktober 2021 telah dilakukan penyuluhan oleh Tim PKM UMBY dengan Ketua Tim Ir Wafit Dinarto MSi tentang peran tanaman buah-buahan untuk mendukung kegiatan terpadu dan terkoordinasi antara pariwisata dan pertanian dengan tujuan untuk memberdayakan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Selanjutnya pada Minggu, 21 Nopember 2021 dilakukan serah terima bibit tanaman buah-buahan dan penanaman bibit buah-buahan oleh Ketua RT dan Pengelola Wisata Embung Kawigesang. Disampaikan Ekowisata merupakan salah satu upaya  pengembangan pariwisata berkelanjutan yang bertujuan mendukung upaya pelestarian lingkungan dan meningkatkan  partisipasi  masyarakat  dalam pengelolaannya.

 

”Untuk itu konsep wisata pendidikan lingkungan perlu dikembangkan. Melalui edu-ekowisata, selain mengembangkan wisata lingkungan, juga mengembangkan wisata dengan tujuan pendidikan formal maupun informal,” 

 

Walaupun ekowisata di dalamnya sudah memberikan sentuhan wisata pendidikan, tapi masih minim. ”Untuk itu konsep wisata pendidikan lingkungan perlu dikembangkan. Melalui edu-ekowisata, selain mengembangkan wisata lingkungan, juga mengembangkan wisata dengan tujuan pendidikan formal maupun informal,” katanya, sebagaimana  disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 24 November 2021. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *