Trip Kereta Api Uap Jaladara di Surakarta  

DestinasiRASA NewsLINE
Trip Kereta Api Uap Jaladara di Surakarta
Trip Kereta Api Uap Jaladara di Surakarta

Siarpedia.com, Yogyakarta – Semboyan Satoe Community (SSC) mengadakan trip kereta api uap Jaladara di Surakarta, Sabtu 13 November 2021. Jaladara adalah kereta api wisata yang ada di kota Surakarta yang beroperasi mulai Stasiun Purwosari hingga Stasiun Solo Kota dengan jarak tempuh 6 kilometer. Pada perjalanan kali ini digunakan lokomotif uap D 1410.

 

Baca Juga ;Sport Tourism Tech, Mudahkan Wisatawan Olahraga

 

Lokomotif ini cukup istimewa karena merupakan permintaan khusus Presiden Joko Widodo pada PT. KAI (Kereta Api Indonesia) yang karena potensi dan sejarahnya sangat disayangkan apabila hanya berada di Taman Mini Indonesia Indah, mendampingi lokomotif uap yang ada sebelumnya yaitu seri C 1218. Kegiatan ini juga dibersamai Deputi Executive Vice President (EVP) PT. KAI Daop 6 Yogyakarta Ririn Widiastuti.

 

Disampaikan pula agar SSC tetap membantu KAI menjaga citra khususnya di media sosial yang dimiliki SSC. Ririn Widiastuti berpesan agar pengambilan gambar maupun video di lingkungan stasiun maupun jalan rel untuk tetap berhati-hati dengan mewaspadai lingkungan sekitarnya “Harapannya SSC mampu membantu KAI di media sosial tentang apa yang menjadi aturan, baik tentang keselamatan atau tata tertib berkereta” kata Ririn.

 

“Kegiatan ini diikuti lebih dari 50 orang anggota SSC. Aktivitas ini merupakan salah satu upaya kami menggerakkan kembali geliat ekonomi terutama di sektor pariwisata di kota Surakarta setelah terdampak pandemi Covid-19”

 

Menurut Ketua SSC Teguh Iman Santosa, SSC adalah perkumpulan pecinta kereta api yang memiliki visi sama untuk mewujudkan kecintaan pada dunia perkeretaapian. “Kegiatan ini diikuti lebih dari 50 orang anggota SSC. Aktivitas ini merupakan salah satu upaya kami menggerakkan kembali geliat ekonomi terutama di sektor pariwisata di kota Surakarta setelah terdampak pandemi Covid-19” kata Teguh.

 

Salah satu anggota SSC, Yoga Bagus Prayogo menjelaskan lokomotif D 1410 merupakan lokomotif uap yang didatangkan oleh Staatsspoorwegen pada tahun 1921 dari pabrik Hanomag-Hannover Jerman.  “Memiliki nomor seri pabrik 9653 dengan susunan roda 2-8-2T, tipe D14 merupakan lokomotif langsir kelas berat pada awalnya dan merupakan jenis yang mirip dengan tipe D50” katanya. (*).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *