PKM UMBY dan BAPPEDA Magelang Berdayakan KWT

Bisnis KabarUMBY NewsLINE
PKM Peternakan UMBY dan BAPPEDA Magelang Berdayakan KWT
PKM Peternakan UMBY dan BAPPEDA Magelang Berdayakan KWT

Siarpedia.com, Yogyakarta – Beberapa minggu yang lalu tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Prodi Peternakan Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerjasama dengan BAPPEDA Kabupaten Magelang untuk melaksanakan pemberdayaan masyarakat, khususnya kelompok wanita tani (KWT) di Dusun Dayugo Desa Banyusidi Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah.

 

Tim PKM Prodi Peternakan UMBY terdiri dari Ir Nur Rasminati MP,  Ir Ajat Sudrajat SPt MPt IPP,  Ir Setyo Utomo MP dan drh A Mamilisti Susiati MP. PKM ini merupakan salah satu dari implementasi visi UMBY, yakni bermanfaat dan unggul dalam bidang sosioprener. Program pemberdayaan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan KWT dalam budidaya ayam kampung dan bisnis ayam kampung.

 

Baca Juga ;Webinar Sociopreneurship Internasional Digelar FE UMBY

 

Acara tersebut dimulai pembukaan, kemudian penyampaian kata sambutan dari Tim PKM Prodi Peternakan UMBY, BAPPEDA Magelang dan Ketua KWT. Acara selanjutnya sosialisasi mengenai cara dan teknik budidaya, serta strategi pemasaran ayam kampung, pencegahan dan pengobatan yang disebabkan penyakit pada ayam kampung dan cara pencatatan atau recording produksi yang disampaikan TIM PKM Prodi Peternakan UMBY.

 

Sesi terakhir pemberian bantuan induk ayam kampung yang diserahkan simbolis oleh perwakilan BAPPEDA Magelang dan perwakilan Tim PKM Prodi Peternakan UMBY. Perwakilan dari BAPPEDA Magelang menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada tim PKM Prodi Peternakan UMBY yang sejak lama menjaga silaturahmi dan kerjasama untuk melakukan pengabdian masyarakat di Magelang.

 

“Selain itu, kami bersyukur karena dapat ilmu dan pengetahuan baru, serta mendapat bantuan induk ayam untuk kami usahakan sebagai tambahan penghasilan, semoga kerjasama yang baik ini dapat terus dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,“ 

 

Ketua KWT Dusun Dayugo Murti mengatakan, KWT sangat bersyukur karena terpilih sebagai lokasi dan percontohan untuk pengembangan ayam kampung di Desa Banyusidi. “Selain itu, kami bersyukur karena dapat ilmu dan pengetahuan baru, serta mendapat bantuan induk ayam untuk kami usahakan sebagai tambahan penghasilan,“ katanya, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 17 November 2021 . (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *