Puan Maharani Minta Generasi Muda Perkuat Budaya Bangsa

HumanioraEDU NewsLINE
Puan Maharani Minta Generasi Muda Perkuat Budaya Bangsa
Puan Maharani Minta Generasi Muda Perkuat Budaya Bangsa

Siarpedia.com, Yogyakarta – Generasi muda sangat penting bagi Indonesia di masa yang akan datang. Generasi yang akan mengubah Indonesia mengingatkan bahwa tidak ada negara yang menjadi maju dengan meninggalkan nilai kebangsaaannya, jati dirinya tanpa generasi mudanya berpikir secara bergotong royong untuk memajukan bangsa secara bersama. Generasi muda adalah salah satu yang bisa mengarahkan masa depan bangsa.

 

Demikian disampaikan Ketua DPR RI Dr. (HC) Puan Maharani dalam kuliah umum civitas akademika UNY di Rektorat, Kamis, 11 November 2021. Lebih lanjut Puan mengatakan bahwa berkepribadian dalam budaya Indonesia bukan berarti anti dengan budaya asing. “Dengan kepribadian bangsa yang kuat maka budaya asing dapat disaring dan dilarutkan dalam kebudayaan nasional,” paparnya.

 

Baca Juga ; Hari Pahlawan, Rakyat Harus Jadi Tuan di Negeri Sendiri

 

Puan mengingatkan bahwa yang tidak diinginkan saat ini adalah berkembangnya ideologi trans-nasional, seperti individualisme atau liberalisme maupun radikalisme dan ekstrimisme agama, bahkan perlu diwaspadai karena berkembangnya ideologi tersebut membonceng perkembangan teknologi informasi? Puan mencontohkannya dalam film drama korea yang menonjolkan identitas mulai dari makanan hingga kosmetik, termasuk promosi produk lokal.

 

“Era disrupsi yang melanda dunia saat ini hendaknya dipandang sebagai peluang, yang perlu dibangun adalah sistem imunitas bangsa melalui pemberian serum ideologi pada generasi muda dengan penanaman nilai-nilai Pancasila sejak dini sebagai pandangan hidup bangsa,

 

Menurutnya, Indonesia dapat mencontoh apa yang dilakukan Korea dalam membranding budaya dan nilai-nilai bangsa. “Era disrupsi yang melanda dunia saat ini hendaknya dipandang sebagai peluang, yang perlu dibangun adalah sistem imunitas bangsa melalui pemberian serum ideologi pada generasi muda dengan penanaman nilai-nilai Pancasila sejak dini sebagai pandangan hidup bangsa, “ katanya.

 

Kuliah umum ‘Internalisasi Wawasan Kebangsaan Menuju Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh’ diikuti mahasiswa baru UNY jenjang D4 hingga S3 secara luring maupun daring. Rektor UNY Prof Sumaryanto mengapresiasi kesediaan Ketua DPR RI untuk mengisi kuliah umum tersebut. Harapannya dengan kuliah umum dari Ketua DPR RI bisa meningkatkan semangat kebangsaan, cinta kebhinekaan dan menjaga ketangguhan NKRI. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *