GEJAYAN, Smartphone Sarana Pembelajaran IPA yang Menyenangkan

HumanioraEDU NewsLINE
GEJAYAN, Smartphone Sarana Pembelajaran IPA yang Menyenangkan
GEJAYAN, Smartphone Sarana Pembelajaran IPA yang Menyenangkan

Siarpedia.com, Yogyakarta – Mahasiswa Magister UNY mengembangkan media audio-visual karaoke GEJAYAN (Gerakan Belajar Menyenangkan) dalam pembelajaran tematik muatan IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Dengan GEJAYAN, siswa diharapkan dapat belajar lebih ceria dengan iringan musik yang familiar, dan karaoke.

 

GEJAYAN dikembangkan oleh Mahasiswa Magister Pendidikan Fisika FMIPA UNY terdiri atas Febriani, Afif Oktavia Putri Sakti dan Rizki Zakwandi yang berkolaborasi dengan Mahasiswa Magister Pendidikan Dasar FIP UNY yang terdiri atas Nada Savitri Nawangsari dan Albi Anggito dibawah bimbingan Irvany Nurita Pebriana MPd dan Dr Pratiwi Puji Astuti MPd..

 

“Media pembelajaran yang dikembangkan berbeda dengan kebanyakan media digital yang ada. Kami berharap, GEJAYAN membantu siswa memahami subjek dengan menonton, mendengarkan, menyanyikan lirik “mata pelajaran” yang  berfungsi seperti “Jembatan Keledai” dan bermain game”,  

 

Afif Oktavia PS mengatakan, menghadirkan solusi mengoptimalkan smartphone sebagai media pembelajaran. “Media pembelajaran yang dikembangkan berbeda dengan kebanyakan media digital yang ada.Kami berharap, GEJAYAN membantu siswa memahami subjek dengan menonton, mendengarkan, menyanyikan lirik “mata pelajaran” yang  berfungsi seperti “Jembatan Keledai” dan bermain game”, paparnya, Jumat, 5 November 2021 .

 

Baca Juga ; Media Pembelajaran “Belajar Asyik Mahir Teknologi“

 

Sebagaimana disampaikan Afif Oktavia Putri Sakti, Tim Gejayan UNY memperoleh prestasi akademik dengan mengikutsertakan karya pengembangan media audio-visual karaoke GEJAYAN tersebut pada International Science And Invention Fair (ISIF) 2021 dan berhasil memperoleh Gold Medal pada kategori Social Science. Juga memperolah Malaysia Innovaton, Invention, and Creativity Association (MIICA) Spesial Award.

 

Disampaikan Afif Oktavia Putri Sakti, ISIF 2021 merupakan kontes kreativitas di bidang Mathematics, Physics, Energy and Engineering, Life Science, Environment, Technology, Social Science, and Others yang diorganisir oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dan tahun ini diikuti oleh 36 Negara. Lomba diselenggarakan 21-24/10/21 secara daring. (*).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *