Mahasiswa UNY Racik Mie dari Petai Cina
Mahasiswa UNY Racik Mie dari Petai Cina

Siarpedia.com, Yogyakarta – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang ditakuti masyarakat, bahkan di Indonesia penyakit yang disebut sakit gula ini menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia setelah  stroke dan jantung koroner. Banyak ikhtiar untuk mengobati penyakit ini, dengan obat kimia maupun herbal. Banyak bahan alami di Indonesia yang dapat digunakan untuk mengurangi penyakit diabetes, diantaranya tumbuhan petai cina.

 

Dari sinilah sekelompok mahasiswa UNY meracik petai cina (Leucaena leucocephala) menjadi mie sehat sebagai substitusi makanan pokok bagi penderita diabetes. Mereka adalah Ahzami Fadilah Akbar prodi Teknik Elektro, Intan Diah Kusuma prodi Pendidikan Tata Boga, Wulan Febrianingsih prodi Pendidikan IPA, Siti Vera Lestari prodi Pendidikan Matematika dan Asma Nur Azizah prodi  Sastra Inggris.

 

Baca Juga ; Kenali Manfaat Bunga Telang Bersama HIMATEPA

 

Biji petai cina mengandung tanin, galaktomanan, dan flavonoid. Kandungan tersebut mempunyai efek untuk menurunkan kadar gula darah dengan cara menghambat aktivitas glukosidase dan alfa amilase yang berperan dalam absorpsi pada membran brush border usus. “Pemberian ekstrak biji petai cina dosis 0,25 g/kg, 0,5 g/kg dan 1 g/kg mampu menurunkan kadar glukosa darah sebesar 49,97 %, 56,80 % dan 65,30 %,” kata Ahzami Fadilah Akbar.

 

Selain itu pembuatan mie ini sekaligus untuk mengedukasi masyarakat bahwa petai cina tidak hanya dapat dimakan sebagai lauk atau lalap, namun juga dapat diolah menjadi bentuk lain yang kaya manfaat. Disampaikan, mereka mengolah petai cina menjadi mie karena mie merupakan makanan yang familier di masyarakat yang didapat dengan mudah dan harganya murah..

 

“Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai gizi mie diantaranya dengan menambahkan sayuran pada bahan baku pembuatan mie, mengganti bahan tepung atau menambahkan bahan tambahan lainnya. Produk ini dinamai Beta Health Noodle,”

 

Mie yang terbuat dari terigu mengandung karbohidrat dalam jumlah besar tetapi sedikit protein, vitamin, dan mineral. “Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai gizi mie diantaranya dengan menambahkan sayuran pada bahan baku pembuatan mie, mengganti bahan tepung atau menambahkan bahan tambahan lainnya. Produk ini dinamai Beta Health Noodle,”ujarnya, Rabu, 13 Oktober 2021. (*)

 

Sekelompok Mahasiswa UNY Racik Mie dari Petai Cina
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *