Mahasiswa UNY Juara 2 Anugerah Inovasi Penelitian Kota Yogyakarta
Mahasiswa UNY Juara 2 Anugerah Inovasi Penelitian Kota Yogyakarta

Siarpedia.com, Yogyakarta – Kolaborasi mahasiswa UNY berhasil meraih juara di ajang Anugerah Inovasi Penelitian Kota Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Bappeda Kota Yogyakarta. Pada event tersebut, Diah dkk menulis paper yang berjudul Dewantara Kirti Griya : Implementasi Triple Helix dalam Mendorong Pertumbuhan Industri Kreatif Melalui Wisata Edukasi.

 

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 32 tahun 2021 tentang Penetapan Pemenang Anugerah Inovasi dan Penelitian Kota Yogyakarta tahun 2021 bahwa Kolaborasi mahasiswa UNY yakni Ilham Alif Fianto (Pendidikan Geografi), Aditia Pramudia Sunandar (Pendidikan Biologi), dan Diah Nadiatul Jannah (Pendidikan IPS) sebagai Juara 2 Kategori Penelitian diajang AIP, 21/9/21.

 

Baca Juga ; Mahasiswa UMBY Ikuti Kompetisi Microteaching Tingkat Nasional

 

Dewantara Kirti Griya merupakan museum peninggalan Ki Hadjar Dewantara yang sangat bersejarah dengan nilai perjuangan beliau. Kondisi pandemi membuat perlu adanya pendekatan kebijakan baru dalam membantu museum ini agar dapat bertahan dan eksis sesuai perkembangan zaman. Ide ini dilatarbelakangi dari nilai-nilai Ki Hadjar Dewantara yang harus terus dipromosikan oleh Kota Yogyakarta dan para mahasiswa.

 

Dalam menyusun paper ini, Aditia dan Diah berperan mengkaji aspek pendidikan, nilai-nilai Ki Hadjar Dewantara dan potensi pengembangan museum dari perspektif ilmu pendidikan. Ilham berperan sebagai ketua tim guna mengkoordinasi konsep Triple Helix kepada pemerintah, akademisi dan industri. Penelitian ini merupakan modal baru mempromosikan museum sebagai industri kreatif berbasis wisata edukasi dengan konsep universal.

 

“Setiap orang dapat menjadi guru, setiap rumah dapat menjadi sekolah. Prinsip ini yang kami harapkan agar setiap orang bisa saling belajar dan membelajarkan,” 

 

“Setiap orang dapat menjadi guru, setiap rumah dapat menjadi sekolah. Prinsip ini yang kami harapkan agar setiap orang bisa saling belajar dan membelajarkan,” kata Diah Nadiatul Jannah, Selasa, 5 Oktober 2021… (*)

 

Mahasiswa UNY Juara 2 Anugerah Inovasi Penelitian Kota Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *