HMPSTI UMBY Gelar Webinar Internet of Things Implementation
HMPSTI UMBY Gelar Webinar Internet of Things Implementation

Siarpedia.com, Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa Program Studi Informatika (HMPSTI), Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan webinar bertema “Internet of Things Implementation in Society 5.0” dengan narasumber Dosen Program Studi Informatika UMBY Imam Suharjo ST MEng dan Dosen Teknologi Informasi Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta Abu Sopian SKom MEng.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 27 September 2021, Webinar dilaksanakan daring melalui Aplikasi Zoom, Sabtu (24/09/21). Pada kesempatan tersebut, hadir Kaprodi Informatika FTI UMBY Mutaqin Akbar SKom MT MCE untuk memberikan sambutan, sekaligus membuka acara webinar dan dilanjutkan dengan agenda kuliah umum dipandu moderator Ajeng Dyah Puspita..

 

“Dengan IOT apa saja bisa terhubung ke internet, misalnya device, ac, kulkas, lampu. Dulu hanya bisa diakses secara manual, saat ini dapat dibuat menjadi sistem yang terhubung ke jaringan dengan perantara sensor, sehingga bisa dikontrol dari manapun. Tujuannya dari pengembangannya IOT lebih diarahkan sebagai upaya untuk mempermudah kehidupan manusia.” 

 

Imam Suharjo menjelaskan Internet of Things Accelerate Digitalization. “Dengan IOT apa saja bisa terhubung ke internet, misalnya device, ac, kulkas, lampu. Dulu hanya bisa diakses secara manual, saat ini dapat dibuat menjadi sistem yang terhubung ke jaringan dengan perantara sensor, sehingga bisa dikontrol dari manapun. Tujuannya dari pengembangannya IOT lebih diarahkan sebagai upaya untuk mempermudah kehidupan manusia.” jelasnya

 

Baca Juga ; HIMATEPA UMBY Bedah Potensi Klorofil

 

Tujuan diadakannya webinar ini adalah untuk menambah wawasan mahasiswa informatika mengenai pemanfaatan IOT di era society 5.0. Pada sesi pertama Abu Sopian menjelaskan mengenai Internet of Things For Industrial. Berbagai implementasi dari aplikasi IOT yang sudah berkembang saat ini, baik di kehidupan sehari-hari, bidang kesehatan, pertanian, otomatisasi industri, penanggulangan bencana, dan smart city..

 

“Harapannya, dari webinar ini kami mengetahui pemanfaatan IOT, serta tahu mengenai peranan IOT dalam perkembangan dunia digital dan implementasi IOT di dunia industri yang sudah memasuki era society 5.0.”. tambah Ajeng. “Webinar ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena dapat memberi bayangan ke mahasiswa mengenai industri IT yang berkembang saat ini.” ungkap Andityas Jati Wibowo salah satu peserta webinar IOT. (*)

 

HMPSTI UMBY Gelar Webinar Internet of Things

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *