Buah Pepaya Diolah Jadi Permen
Buah Pepaya Diolah Jadi Permen

Siarpedia.com, Yogyakarta – Salah satu buah yang tumbuh subur dan tak mengenal musim adalah buah pepaya. Bahkan tanaman pepaya demikian mudahnya berkembang di tanah manapun hanya dengan biji yang dibuang tanpa sengaja. Namun banyak juga petani pepaya yang memang memfokuskan diri untuk membudidayakan tanaman pepaya dengan berbagai jenis, mulai dari pepaya lokal asli Indonesia, sampai pepaya jenis dari luar atau persilangan.

 

Lalu bagaimana agar dapat mengambil nilai gizi dari buah pepaya mentah yang bahannya mudah diperoleh dan tak perlu merogoh kantung dalam-dalam di masa sulit pandemi Covid-19 saat ini? Hal ini diungkapkan dosen jurusan pendidikan kimia Fakultas MIPA UNY Dr Das Salirawati dalam Workshop Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) yang dilaksanakan secara daring.

 

Baca Juga ; Easy Box, Box Penyimpan Sayur Buatan Mahasiswa UNY

 

Das Salirawati memaparkan manfaat buah pepaya mentah sangat banyak bagi kesehatan oleh karenanya sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pepaya mentah dalam bentuk olahan sayuran. Namun bagi anak-anak, pepaya mentah dapat diolah menjadi permen sebagai hasil inovasi. Karena hampir semua anak kecil pasti suka makan permen, sehingga olahan yang berupa permen diharapkan dapat mengalihkan anak dari permen yang ada di pasaran..

 

“Dengan kandungan gizi yang relatif banyak jenisnya, maka mengonsumsi buah pepaya mentah memiliki banyak khasiat atau manfaat, diantaranya; menjaga gula darah tetap stabil, menurunkan resiko hipertensi, menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah, menjaga kulit tetap sehat, meningkatkan fungsi otak, serta meminimalkan terbentuknya batu ginjal”

 

“Dengan kandungan gizi yang relatif banyak jenisnya, maka mengonsumsi buah pepaya mentah memiliki banyak khasiat atau manfaat, diantaranya; menjaga gula darah tetap stabil, menurunkan resiko hipertensi, menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah, menjaga kulit tetap sehat, meningkatkan fungsi otak, serta meminimalkan terbentuknya batu ginjal” katanya, Senin, 27 September 2021.

 

Langkah pembuatannya kupas pepaya mentah ukuran sedang, peras dan buang air perasannya. Panaskan air satu mangkuk besar. Setelah mendidih, tambahkan gula pasir. Aduk sampai seluruh gula pasir melarut, dan tunggu sampai campuran air gula tadi menjadi matang sepenuhnya dengan ciri-ciri air menjadi berwarna keputihan. Masukkan perasan pepaya, aduk tanpa berhenti. Setelah campuran mulai mengeras, kecilkan api, aduk sampai mengering. (*)

 

Buah Pepaya Diolah Jadi Permen
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *