HIMATEPA UMBY Bedah Potensi Klorofil
HIMATEPA UMBY Bedah Potensi Klorofil

Siarpedia.com, Yogyakarta – Klorofil yang kaya akan manfaat menjadi topik utama dalam kuliah umum yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Mercu Buana Yogyakarta (HIMATEPA UMBY) secara daring, Sabtu, 18 September 2021. Kuliah umum yang rutin digelar setiap tahunnya ini mengambil tema “Potensi Klorofil sebagai Pewarna dan Antioksidan”.

 

Menghadirkan dosen Teknologi Hasil Pertanian UMBY Dr Chatarina Lilis Suryani STP MP, acara dibuat dalam rangka menambah pengetahuan dan memperdalam ilmu bagi para mahasiswa. Dalam presentasinya, Chatarina Lilis menyampaikan bahwa klorofil memiliki potensi sebagai pewarna makanan dan antioksidan. Potensi klorofil ini didukung juga oleh kelebihannya sebagai pewarna alami.

 

“Jika ditinjau dari (kandungan) klorofil-nya, kadar klorofil pada daun pandan tidak kalah tinggi dengan bahan-bahan yang biasa digunakan sebagai sumber klorofil komersial,“

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 20 September 2021, Chatarina Lilis Suryani mencontohkan kandungan klorofil daun pandan wangi, beberapa kelebihannya diantaranya mengandung alkaloid dan flavonoid yang tinggi. “Jika ditinjau dari (kandungan) klorofil-nya, kadar klorofil pada daun pandan tidak kalah tinggi dengan bahan-bahan yang biasa digunakan sebagai sumber klorofil komersial,“ ucapnya.

 

Baca Juga ; Dosen UMBY Teliti Daun Pandan Raih Gelar Doktor

 

Selain itu, klorofil daun pandan wangi juga memiliki manfaat sebagai Antiinflamasi. Pembahasan selanjutnya mengenai tantangan dalam pemanfaatan daun pandan wangi sebagai pewarna hijau alami dan bagaimana upaya untuk mempertahankan warna tersebut agar tetap terjaga.. “Walaupun dilakukan daring, kuliah umum ini tidak serta merta mengurangi antusiasme mahasiswa,“ katanya.  (*)

 

HIMATEPA UMBY Bedah Potensi Klorofil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *