Ch Lilis Suryani
Dosen UMBY Ch Lilis Suryani

Siarpedia.com, Yogyakarta – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali menambah Doktor untuk ilmu pangan. Ch Lilis Suryani,  dosen Teknologi Hasil Pertanian (THP), Fakultas Agroindustri berhasil mempertahankan desertasinya yang berjudul  “Stabilitas ekstrak klorofil dan mikrokapsul Zn-klorofil daun pandan wangi (Pandanus  amaryllifolius Roxb.) “  di Program Doktoral Ilmu Pangan FTP UGM Yogyakarta.

 

Dihadapan 6 penguji yang dipromotori Prof Dr Ir Umar Santoso MSc pada 17 Juni 2021 dan Ch Lilis Suryani telah yudisium lulus S3 pada 29 Juli 2021. Istri dari Ir FX SuwartoMP, yang juga dosen tetap di Fakultas Agroindustri UMBY ini dalam penelitiannya bertemakan pewarnaan pada daun pandan. Seperti diketahui di masyarakat secara tradisonal menggunakan daun pandan wangi sebagai sumber pewarna dan perisa makanan.

 

“Selama ini, masyarakat menggunakan daun pandan sembarang, belum mempertimbangkan kadar klorofil daun yang merupakan komponen pewarna hijau. Padahal kadar klorofil mudah rusak oleh panas, cahaya, dan asam,“

 

Berdasarkan penelitian, pembentukan kompleks Zn2+ dengan klorofil dan mikroenkasulasi meningkatkan stabilitas warna dan antiokasidannya dibanding ekstrak klorofil asli maupun pewarna klorofil komersial. “Selama ini, masyarakat menggunakan daun pandan sembarang, belum mempertimbangkan kadar klorofil daun yang merupakan komponen pewarna hijau. Padahal kadar klorofil mudah rusak oleh panas, cahaya, dan asam,“ ungkap Ch Lilis Suryani.

 

Karena itu, telah dilakukan penelitian tentang upaya peningkatan stabilitas ekstrak klorofil daun pandan dengan memperbaiki cara ekstraksi, pembentukan kompleks antara klorofil dengan logam yang lebih stabil dibanding Mg, dan mikroenkapsulasi ekstrak Zn-klorofil yang dihasilkan. Kelebihan lainnya dari hasil penelitian tersebut adalah mikrokapsul Zn-klorofil daun pandan wangi kaya mineral Zn, serta komponen aroma spesifik pandan wangi

 

Dekan Fakultas Agroindustri UMBY Dr Agus Slamet MP turut berbahagia lulusnya Dr Lilis Suryani yang diraih relatif tepat waktu 4 tahun. “Semoga ilmu yang didapat membantu dan meningkatkan kualitas Universitas Mercu Buana Yogyakarta, karena kualitas tenaga pendidik berpengaruh dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi,“ ujar Agus Slamet, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Kamis, 12 Agustus 2021. (*)

 

Dosen UMBY Teliti Daun Pandan Raih Gelar Doktor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *