Perikanan UGM Sebar Benih Ikan di Kali Kuning
Perikanan UGM Sebar Benih Ikan di Kali Kuning

Siarpedia.com, Sleman – Departemen Perikanan Fakultas Pertanian UGM melaksanakan kegiatan bersih sungai dan penebaran ribuan benih ikan lokal di Desa Wisata Kali Kuning, Dusun Sempu, Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Minggu, 29 Agustus 2021. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka ulang tahun peringatan ulang tahun Departemen Perikanan UGM ke-58.

 

Ketua Departemen Perikanan UGM Dr Ir Alim Isnansetyo MSc mengatakan, kegiatan sebar benih ikan diselenggarakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dalam upaya menjaga ekosistem ikan sungai. Ada sebanyak 11.000 benih udang galah, 1.000 ikan nilem, serta 1.000 ikan tawes yang ditebar.  “Selain menebar benih ikan juga dilakukan bersih-bersih bantaran sungai Kali Kuning,” jelasnya.

 

“Kami harapkan bisa dilaksanakan secara berkelanjutan.  Kami harap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi tali silaturahmi bagi Desa Wedomartani dengan Departemen Perikanan Fakultas Perikanan UGM,”

 

Kegiatan tersebut disambut baik oleh warga setempat. Perwakilan Kantor Desa Wedomartani, Sumono, yang mewakili warganya menyampaikan ucapan terima kasih atas program pengabdian masyarakat yang dijalankan. “Kami harapkan bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. Kami harap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi tali silaturahmi bagi Desa Wedomartani dengan Departemen Perikanan Fakultas Perikanan UGM,” tutur Sumono.

 

Baca Juga ; HIMAGRO UMBY Gelar Semnas Agriculture Innovation

 

Selain melakukan kegiatan penyebaran benih ikan dan bersih sungai, Departemen Perikanan UGM melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat “Program Peduli Kampung” di Kandangsari Ngaglik. Kegiatan yang menjadi rangkaian Dies ke-75 Fakultas Pertanian UGM juga dilaksanakan  bekerja sama dengan Program Studi Bioteknologi UGM, Secluded Bar and Kitchen, Times Indonesia, serta masyarakat Kandangsari.

 

Departemen Perikanan UGM melaksanakan pemberdayaaan masyarakat dengan sasaran KSM Usaha Mulia Kandangsari, berupa budi daya lele menggunakan bis beton yang tersebar di pekarangan warga. “Saat ini metode budi daya tersebut berkembang pesat, dengan jumlah bak bis beton di Kandangsari mencapai lebih dari 60 bak, masing-masing anggota KSM memiliki 2-6 bak bis beton berdiameter 1 m,” kata Abdul Aziz, Humas KSM Usaha Mulia. (*)

 

Perikanan UGM Sebar Benih Ikan di Kali Kuning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *