Ajakan program KB
Ajakan program KB

Siarpedia.com, Yogyakarta – Bertepatan Hari Keluarga Berencana Nasional (Harganas) pada Senin, 29 Juni 2020, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyelenggarakan Peringatan Virtual Harganas 2020 melalui video konferensi. Agenda tersebut diikuti Sultan HB X yang didampingi Kepala BKKBN DIY Ukik Kusuma Kurniawan di Ruang Media Center Gedhong Pracimosono Komplek Kepatihan.

 

“Masyarakat seyogyanya jangan takut untuk ber-KB karena KB bukan hanya sekadar penggunaan kontrasepsi, namun perencanaan keluarga demi membangun kualitas kehidupan yang lebih baik. Sultan lantas menyampaikan lima isu strategis yang perlu mendapatkan dukungan komitmen politis dari para Bupati/Walikota se-DIY,”

 

Ketua TP-PKK DIY serta para Bupati/Walikota se-DIY turut serta pada kesempatan tersebut. “Masyarakat seyogyanya jangan takut untuk ber-KB karena KB bukan hanya sekadar penggunaan kontrasepsi, namun perencanaan keluarga demi membangun kualitas kehidupan yang lebih baik. Sultan lantas menyampaikan lima isu strategis yang perlu mendapatkan dukungan komitmen politis dari para Bupati/Walikota se-DIY,” harap Sultan HB X.

 

Sultan HB X lantas menyampaikan lima isu strategis yang perlu mendapatkan dukungan komitmen politis dari para Bupati/Walikota se-DIY, Memerankan PLKB dalam pembangunan KB Nasional yang dijabarkan program aksi yang berkelanjutan. Dukungan stakeholders untuk kampanye peningkatan pendewasaan usia perkawinan dan menurunkan angka fertilitas remaja dengan mencegah perkawinan dini.

 

“Selain itu, Pemberdayaan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera dengan menyegarkan slogan: “Dua Anak Cukup”, agar terbentuk generasi penerus yang tangguh. Untuk menambah peserta KB baru perlu diimbangi pembiayaannya. Perlu strategi yang “tepat-pandemi”, dengan menggunakan momentum pandemi untuk edukasi KB sebagai gaya hidup hemat,” papar Sri Sultan HB X.

 

Saat ditemui seusai acara, Ukik menjelaskan bahwa Sultan telah menegaskan pentingnya komitmen dukungan bagi program BKKBN yakni Bangga Kencana.  “Tiga rumpun dari program Bangga Kencana tersebut adalah rumpun ketahanan keluarga, kependudukan, dan KB. Dhawuh yang diberikan adalah Pemerintah Kabupaten/Kota hendaknya mendukung dan berkomitmen memfasilitasi anggaran yang diperlukan,” jelasnya.  (*)

 

HARGANAS 2020, Sultan HB X : Jangan Takut Ber-KB  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *