Poster acara seminar FE UMBY.
Poster acara seminar FE UMBY.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Melemahnya sektor perekonomian akibat dampak pandemi Covid-19 sangat  dirasakan banyak pihak. Tidak hanya pengusaha, tidak sedikit masyarakat biasa yang mengalami kesulitan ekonomi akibat lesunya aktivitas perekonomian, hal ini juga berdampak pada pelajar dan mahasiswa yang perantauan yang biasanya langsung mendapat aliran “dana” kiriman dari orang tua menjadi terhambat.

 

Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)   merespon hal ini dengan menyelenggarakan seminar online dengan mengakat tema “Kewirausahaan di Era Pandemi Covid 19” pada, Senin, 29 Juni 2020, dengan narasumber Dr Hamzah Gunawan MM dan  Bustanul Arifin SE MSc dengan moderator Sadrina Hazmi MSc, yang ketiganya adalah dosen Fakultas Ekonomi UMBY

 

Hamzah dalam pemaparan sesi pertama mengatakan, efek dari pandemic covid-19 ini sangat besar, termasuk dalam sisi ekonomi. Saatnya mahasiswa untuk membaca peluang ini, dengan memanfaatkan kemampuan yang dimilikinya. Kemampuan information and technology (IT) dan media sosial,  mahasiswa jelas lebih di bandingkan dengan masyarakat umum. Untuk itu, pada masa pandemik banyak peluang yang bisa dilakukan untuk memperoleh profit.

 

“Melihat peluang saat adanya pandemi, konsumen dianjurkan untuk berdiam diri di rumah yang membuat jumlah pembelian online meningkat. Memanfaatkan jaringan komunitas atau pertemanan yang luas bisa menjadi distributor, konsepnya sebenarnya sederhana kok, pesam, kirim dan bayar,”

 

“Melihat peluang saat adanya pandemi, konsumen dianjurkan untuk berdiam diri di rumah yang membuat jumlah pembelian online meningkat. Memanfaatkan jaringan komunitas atau pertemanan yang luas bisa menjadi distributor, konsepnya sebenarnya sederhana kok, pesam, kirim dan bayar,” tutur Hamzah, sebagaimana disampaikan Kabag Humas UMBY Widarta SE MM. Seminar online ini dibuka oleh Kaprodi Manajemen UMBY Rina Dwiarti SE MM.

 

Sementara itu, Bustanul Arifin yang juga merupakan Owner Binder ID menekankan pentingnya marketplace dalam pembangunan ekonomi. Menurut Bustanul ada beberapa cara untuk membangun bisnis baru pada saat dan pasca Covid-19 yaitu mempersiapkan model baru dalam berbisnis dengan analisis sederhana SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).  (*)

 

Membidik Peluang Bisnis Mahasiswa di Tengah Pandemi  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *