Salah satu panyai unggulan di Gunungkidul.
Salah satu pantai unggulan di Gunungkidul.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Dinas Pariwisata (Dispar) DIY telah siap menguji coba penerapan tatanan hidup baru atau new normal untuk sektor pariwisata. Dispar DIY pun  telah menetapkan 10 destinasi wisata yang akan menjadi pilot project pelaksanaan tatanan hidup baru ini. Ke 10 destinasi wisata tersebut sudah dipersiapkan sejak jauh hari. Tidak hanya standar operasional pelayanan (SOP) new normal, tapi sudah simulasi SOP.

 

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyatakan, pihaknya juga melengkapi fasilitas, mulai dari sarana prasarana cuci tangan, tempat sampah, sampai jenis APD lainnya, termasuk tenda sementara bagi wisatawan untuk beristirahat jika diketahui memiliki suhu tubuh di atas normal. Dispar DIY mengklaim, telah melakukan pelatihan bagi SDM pengelola destinasi wisata secara online.

 

Destinasi wisata yang menjadi percontohan ini tersebar di tiga wilayah DIY, yakni Pantai Baron, Pantai Kukup, Gunung Api Purba Nglanggeran, dan Goa Kalisuci yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Lalu di Kabupaten Bantul ada Puncak Becici, Hutan Pinus Pengger, obyek wisata Seribu Batu, Hutan Pinus Sari, dan Pantai Parangtritis. Sementara itu, di Kabupaten Sleman hanya ada satu destinasi wisata, yakni Tebing Breksi.

 

“Dan pada 24-26 Juni 2020 ini dilakukan simulasi terakhir di 10 destinasi wisata tersebut. Tahap ini kemudian akan dilakukan dengan uji coba pembukaan secara terbatas terhadap destinasi tersebut. Pembatasan pengunjung telah ditetapkan sebanyak 50% dari kapasitas normal, dan pengunjung diwajibkan reservasi secara online,”

 

“Dan pada 24-26 Juni 2020 ini dilakukan simulasi terakhir di 10 destinasi wisata tersebut. Tahap ini kemudian akan dilakukan dengan uji coba pembukaan secara terbatas terhadap destinasi tersebut. Pembatasan pengunjung telah ditetapkan sebanyak 50% dari kapasitas normal, dan pengunjung diwajibkan reservasi secara online,” kata Singgih Raharjo di Yogyakarta, Rabu, 24 Juni 2020.

 

Singgih menekankan tidak hanya pembenahan fasilitas sarpras, SDM sektor pariwisata di DIY tetap harus dilakukan perbaikan selama masa pandemi Covid-19, sekaligus menuju era kenormalan baru. “ Semua ini merupakan bagian dari tahapan pembukaan destinasi wisata di DIY dalam tatanan hidup baru dengan adanya pandemi CoViD-19. Nantinya, uji coba ini juga akan dievaluasi,” ucapnya.  (*)

 

Normal Baru, Dispar DIY Siapkan 10 Destinasi Percontohan  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *