Melania Eva W  : Peran Mahasiswa Ditengah Keterbatasan  

HumanioraEDU NewsLINE
Melania Eva W
Melania Eva W .

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pada masa pandemik Covid-19, seluruh kegiatan dan aktivitas masyarakat sangat dibatasi. Salah satu yang terkena dampak pembatasan ini adalah anak sekolah yang menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) berupa Ujian Kenaikan Kelas (UKK). Kegiatan pembelajaran yang diberikan guru melalui media online sangat dirasakan keterbatasannya, dari segi waktu, penjelasan, maupun model kegiatan pembelajarannya.

 

“Tidak sedikit anak-anak sekolah yang akhirnya harus belajar lebih keras lagi agar mereka dapat memahami materi yang diberikan guru secara online,”

 

“Tidak sedikit anak-anak sekolah yang akhirnya harus belajar lebih keras lagi agar mereka dapat memahami materi yang diberikan guru secara online,” ungkap Melania Eva Wulaningtyas SPd MPd, Dosen dan Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), sebagaimana disampaikan Kabag Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 24 Juni 2020.

 

Menyikapi kondisi demikian, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA) UMBY memiliki inisiatif untuk membuat program SATGAS BELAJAR bagi adik-adik sekolah menengan, baik SMP maupun SMA. Satgas belajar ini dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu selama tiga bulan dari April sampai pada Juni. Hal ini dikarenakan siswa sekolah menengah menghadapi ujian di minggu kedua Juni.

 

Kegiatan dilakukan dengan bantuan Zoom dikoordinasi Ketua Himpunan Mahasiswa Ardhika Fajar Ramadhan bersama teman-teman pengurus lainnya. Para peserta antusias karena mereka diberikan keleluasaan untuk bertanya semua materi tanpa batasan apapun. Meskipun sesederhana membantu belajar dan tidak dapat bertatap muka langsung, tetapi kegiatan ini justru membantu dan menjangkau hampir seluruh siswa yang ada di Indonesia.

 

Terbukti dengan peserta yang mengikuti Satgas Belajar Online ini diikuti dari berbagai daerah. Sisi positif lainnnya adalah para siswa dapat menemukan pengalaman baru, juga teman-teman baru dari berbagai daerah lainnya. Mahasiswa harus dapat menjadi agen perubahan, dalam kondisi apapun harus memiliki kemampuan adaptif yang baik, segera mengambil sikap, dan melakukan tindakan.  (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *