Suasana webinar PBI FKIP UMBY.
Suasana webinar PBI FKIP UMBY.

Siarpedia.com, Sleman – Belajar tidak hanya sekadar pemberian atau transfer ilmu pengetahuan oleh guru kepada siswa, belajar juga mengubah pola pikir, serta tingkah laku yang bisa diimplementasikan secara langsung. Pada masa pandemik Covid-19 saat ini, peserta didik seharusnya mendapatkan perubahan yang berarti terhadap pembentukan tingkah laku mereka.

 

Oleh karena itu, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengadakan Webinar series yang pertama bertajuk ‘Changes in Mindset and Behaviour on Virtual Learning Transformation’. Dengan dipandu oleh Elysa Hartati MPd, Dosen di PBI UMBY, acara ini menghadirkan Wisnu Agung Pradana Med, Mahasiswa S3  di University of Georgia Amerika Serikat.

 

“Webinar ini membahas bahwa pembelajaran daring tidak hanya sekadar pemberian tugas yang dikirim melalui aplikasi pesan singkat. Atau pengiriman materi kepada peserta didik saja. Banyak hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan terlebih lagi di masa pandemi Covid 19 ini,” ujar Wisnu Agung Pradana, sebagaimana disampaikan Kabag Humas UMBY Widarta SE MM, Minggu, 21 Juni 2020.

 

Dalam kesempatan itu, narasumber menyampaikan jika kondisi ekonomi dan sosial secara umum di Amerika Serikat secara garis besar dijabarkan sebagai pembanding situasi pendidikan secara global. Webinar ini juga menjabarkan kondisi yang dialami guru maupun siswa dalam remote learning di Amerika Serikat sampai solusi yang diterapkan secara terencana oleh pemerintah setempat dalam menghadapi New Normal bidang pendidikan.

 

Dalam kesempatan itu pula, aspek yang mempengaruhi pembelajaran daring, sehingga peserta didik dapat memiliki integritas terhadap hakikat belajar, kiat yang bisa dilakukan pengajar dan bagaimana implementasinya untuk pembelajaran daring dibahas tuntas. “Webinar yang diikuti oleh ratusan peserta ini menegaskan secanggih apapun teknologi tetap tidak bisa menggantikan unsur pengajar dengan segala pedagogiknya,” ujar Elysa Hartati MPd. (*)

 

Pembelajaran Secara Daring Tetap Ada Kekurangannya  
Tag pada:                        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *