Kereta saat berhenti di stasiun.
Kereta saat berhenti di stasiun.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Rencana pemberlakuan ‘new normal atau keadaan normal baru di tengah pandemi Covid-19 oleh Pemerintah Pusat disikapi dengan pembuatan standar operasional pelayanan (SOP) oleh semua lapisan masyarakat, juga insitusi dan lembaga, termasuk di lingkungan PT KAI Daop 6 Yogyakarta sebagai salah satu instansi berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

 

“Intinya PT KAI Daop 6 sudah siapkan fasilitas di stasiun, di atas KA sampai tempat tujuan. Berikut SDMnya dalam mempersiapkan new normal,”

 

Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto menjelaskan, seluruh aspek baik penumpang dan karyawan di PT KAI Daop 6 Yogya akan tetap mengikuti protokol keamanan ketika new normal diberlakukan. “Intinya PT KAI Daop 6 sudah siapkan fasilitas di stasiun, di atas KA sampai tempat tujuan. Berikut SDMnya dalam mempersiapkan new normal,” ungkapnya, Selasa, 2 Juni 2020.

 

Ia menegaskan, jika pihak KAI Daop 6 Yogya akan mengikuti aturan yang ada dan telah menyiapkan berbagai antisipasi di tiap stasiun dalam masa pandemi Covid-19 ini. Menurutnya, jika nanti pemberlakuan harus menetapkan penumpang mengenakan masker saat di stasiun, otomatis aturan itu harus diterapkan di semua stasiun. Meski  sejauh ini tiap stasiun di wilayah Daop VI Yogyakarta sudah menerapkan hal itu.

 

Selain itu, penumpang juga harus diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas. Adaptasi penumpang sebelum new normal atau keadaan normal baru diterapkan secara penuh, sejumlah upaya sudah dilakukan pihak PT KAI. Bahkan, di dalam stasiun pembatasan jarak antar penumpang selalu diterapkan. Jaga jarak antar kursi di dalam kereta pun sudah dilakukan, sehingga penumpang terbiasa dengan cara ini.

 

Ketentuan tersebut juga sesuai dengan perjalanan kereta api KLB yang masih beroperasi saat ini. Hingga kini, penumpang yang akan bepergian ke luar kota untuk tugas harus menyiapkan syarat seperti surat keterangan sehat, surat hasil rapid test, surat perjalanan dari instansi tempatnya bekerja dan surat izin keluar masuk atau SIKM. Tak hanya penumpang, karyawan PT KAI juga wajib mengikuti protokol pencegahan virus saat new normal dijalankan.  (*)

 

Penumpang Kereta Diminta Patuhi SOP ‘New Normal’  
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *