Kampus UMBY
Kampus UMBY.

Siarpedia.com, Bantul – Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkesempatan bersilatuhrahmi ke  Pendidikan Matematika Alma Ata (UAA) Yogyakarta. Silatuhrahmi ini juga bertujuan untuk menguatan nilai-nilai pendidikan matematika berbasis ethomatematika dan robotik yang menjadi kosentrasi Prodi Pendidikan matematika UMBY.

 

“Selain itu, untuk menjalin kerja sama dengan dilakukannya penandatangan nota kesepahaman atau MoA antara Jurusan Matematika UMBY dengan Pendidikan Matematika UAA,” ungkap Kepala Humas UMBY Widarto MM, Rabu, 29 Januari 2020. Dijelaskan, kunjungan dari UMBY dipimpin langsung oleh Kepala Laboran Pengembangan Pembelajaran Etnomatematika dan robotik UMBY Nuryadi SPdSI MPd.

 

Rombongan UMBY diterima  langsung oleh Kepala Program Studi Pendidikan Matematika UAA  Rino Richardo SPd MPd. “Kerjasama tersebut meliputi memanfaatkan kemampuan kedua pihak dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pendidikan Menengah Pertama yang meliputi pendidikan dan pengajaran termasuk implementasi Produk dan Inovasi-inovasi Pembelajaran berbasis Etnho dan Robotik,” papar Widarto.

 

Dikatakan, Prodi Pendidikan Matemaika UMBY mengembangkan program pembelajaran berbasis ethnomatematika agar pelajaran matematika lebih mengasyikkan dengan sentuhan kearifan lokal.  Tujuannya agar setiap siswa mampu memahami budaya lokal tempatnya masing-masing, sekaligus dapat menghubungkannya dengan ilmu matematika, selain itu juga dapat mengikuti perkembangan dunia teknologi yang dewasa ini mengarah kepada Robotik.

 

Rino Richardo mengapresiasi dan juga mengucapkan terima kasih kepada pihak UMBY terutama Jurusan Pendidikan Matematika karena telah bersedia dan meluangkan waktunya untuk menjalin kerjasama dengan Penddidikan matematika  UAA. “Semoga dengan program pembelajaran berbasis Etnhomatematika dan robotik ini semakin memperkuat pengembangan pembelajaran Matematika menuju Era 4.0 dan 5.0,”  tandas Rino.   (*)

UMBY Kembangkan Pembelajaran Ethnomatematika
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *