Sumpah Profesi 39 Dokter Baru UMY

HumanioraEDU NewsLINE
Sumpah Dokter
Peserta Sumpah Dokter UMY berfoto bersama.

Siarpedia, Sleman – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY) menyelenggarakan Sumpah Dokter periode LXIV di Gedung Erwin Santosa, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Rabu, 29 Januari 2020. Prosesi ini diikuti oleh 39 dokter baru yang telah selesai mengikuti tahapan pendidikan profesi dokter dan lulus dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD).

 

Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM  berpesan kepada dokter baru untuk memberikan sumbangsih terbaik, baik untuk bangsa dan agama dalam bidang kesehatan. “Seorang dokter merupakan profesi yang mulia di hadapan masyarakat maupun Allah SWT, sehingga niatkanlah pengabdian saudara sebagai ibadah untuk mendapatkan kebaikan di dunia maupun di akhirat,” tegasnya.

 

Sedangkan Dekan FKIK UMY Dr dr Wiwik Kusumawati MKes berharap sebagai lulusan dokter UMY agar dapat meletakkan profesionalisme di atas kepentingan pribadi. Yakni agar seorang dokter tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan melainkan memiliki karakter peduli, bertanggung jawab sesuai dengan kode etik kedokteran. Dikatakan, jika pelantikan ini bukan akhir melainkan awal sesungguhnya bagi para dokter untuk mengamalkan ilmunya.

 

“Dalam menjalankan profesi dokter untuk memberikan pelayanan berkualitas harus selalu update ilmu dan keterampilan dengan berbagai kegiatan ilmiah agar menjadi life long learner,” tandas Wiwik Kusumawati. Ditegaskan pula, sumpah dokter ini bukan merupakan akhir dari segalanya, justru awal dari segalanya. Sesuai dengan tagline sumpah dokter kali ini yang berbahasa Arab yaitu ‘Bidaayatur Rihlati wa Amalun Jadid’ yang artinya ‘Awal Perjalanan dan Harapan Baru.

 

Ketua Panitia Sumpah Dokter LXIV dr Arifin Nugroho mengatakan Sumpah Dokter periode LXIV ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik UMY Dr Ir Sukamta ST MT IPM, Kepala Prodi Profesi Dokter FKIK UMY dr Ana Majdawati MKes SpRad (K), Sekretaris 2 IDI wilayah DIY dr Rina Nuryati MPH, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof Dr drg H Sudibyo SU Sp Perio (K), perwakilan rumah sakit jejaring yang bekerjasama dengan FKIK UMY.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *