FBE UII saat peresmian pergantian nama.
FBE UII saat peresmian pergantian nama.

Siarpedia.com, Sleman – Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Indonesia (UII) berganti nama menjadi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) berdasarkan Surat Keputusan Rektor UII Nomor: 1378/SK-REK/SP/XII/2019. SK ini berlaku mulai 1 Januari 2020. Perubahan ini merupakan komitmen FBE UII untuk terus berbenah dan melakukan perbaikan berkelanjutan, merespons dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, dan tantangan pendidikan tinggi.

 

Dekan FBE UII Dr Jaka Sriyana SE MSi menyatakan, peresmian nama baru digelar di Halaman Kampus FBE UII yang berlokasi di Candongcatur, Depok, Sleman oleh Rektor UII Fathul Wahid ST MSc PhD dengan didampingi Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII Drs Suwarsono Muhammad MA.  Pergantian nama fakultas, FBE UII menyelenggarakan simposium Business and Economic Outlook Indonesia 2020 dengan tema ‘Besarnya Kebutuhan Investasi’.

 

Fathul Wahid menuturkan terdapat tiga prinsip utama pada nama sebuah Fakultas. Pertama adalah melingkupi atau mewakili seluruh masyarakat yang ada di dalamnya. Kedua mengayomi, yang berarti karena ada struktur hegemonik warga merasa diayomi. Ketiga mengedepan atau bersifat futuristik melihat peluang-peluang yang ada di masa depan. Diharapkan, dengan nama baru ini juga timbul semangat baru.

 

“Nama Fakultas Bisnis dan Ekonomika bukan hanya sekedar mengikuti nama lain. Penambahan huruf ka di belakang sesuai dengan dasar konseptual sebuah ilmu. Ekonomi berati sebuah ekonomi dan ka sebuah ilmu jadi jika digabungkan menjadi Ekonomika atau Ilmu Ekonomi. Nama tersebut menjadi sebuah konsep, sehingga yang perlu dimatangkan seperti apa yang menjadi tantangan,” seperti dilansir laman kampus setempat, Jumat, 24 Januari 2020.

 

Menurutnya, sebuah nama menurutnya mengandung doa, nilai, dan konseptualisasi. Seperti di dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 31, yang artinya. Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang benar orang-orang yang benar”.     (*)

Fakultas Ekonomi UII Ganti Nama  
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *