Psikologi UMBY Beri Pelatihan Komunikasi Efektif dan Konseling Dasar  

Psikologi UMBY Beri Pelatihan Komunikasi Efektif dan Konseling Dasar   
Psikologi UMBY Beri Pelatihan Komunikasi Efektif dan Konseling Dasar

Siarpedia.com, Yogyakarta – Dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat, tim Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengadakan Pelatihan Keterampilan Komunikasi Efektif dalam Pengasuhan dan Pelatihan Konseling Dasar. Pelatihan Keterampilan Komunikasi Efektif dalam Pengasuhan dilaksanakan melalui kolaborasi bersama tim pengabdi Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta.

 

Selain Pelatihan Komunikasi Efektif, diadakan pula Pelatihan Konseling Dasar sebagai bagian dari program Pemberdayaan Kader Jiwa di Kapanewon Sedayu. Pelatihan ini bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Gresik, terutama dalam penyusunan materi pelatihan dengan tujuan meningkatkan keterampilan kader jiwa sebagai garda terdepan dalam memberikan dukungan awal kepada masyarakat terkait permasalahan psikologis di Sedayu.

 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan yaitu pada Sabtu, 15 Juni 2024 di Kapanewon Sedayu, dan selanjutnya dilaksanakan di Kampus 1 UMBY pada Sabtu, 22 Juni 2024 dengan dihadiri oleh Panewu Sedayu dan perangkatnya, Danramil, Kapolsek, Ketua Puskesmas Sedayu 1 dan 2, Satgas, Yayasan Pinilih, dan beberapa perwakilan Lembaga Masyarakat serta peserta dari Ibu Rumah Tangga di wilayah Kapanewon Sedayu.

 

Baca Juga PkM Dosen UMBY Ajari Santri Rumah Sajada, Buat Inovasi Eggroll Lele Uwi Ungu  

 

Pelatihan ini ditujukan bagi Ibu Rumah Tangga di wilayah Kapanewon Sedayu, Kabupaten Bantul dengan Angelina Dyah Arum S., M. Psi., Psikolog dan Dewi Soerna Anggraeni, M. Psi., dosen Psikologi UMBY, sebagai pemateri. “Pelatihan Keterampilan Komunikasi Efektif dalam Pengasuhan diadakan sebagai upaya meminimalisir kenakalan remaja maupun isu-isu psikologis yang dialami oleh remaja maupun orang tua,” ujar Angelina Dyah.

 

Dalam pelatihan ini kami membagikan teknik-teknik dalam berkomunikasi dengan anak seperti, bagaimana memilih waktu yang tepat untuk berbicara, mengelola kepercayaan, dan membangun komunikasi yang positif dalam keluarga,”

 

Menurutnya salah satunya dengan menjaga dan meningkatkan kualitas interaksi dan hubungan antara ibu dan anak dalam keluarga, sebagai pondasi utama pada perkembangan remaja. “Dalam pelatihan ini kami membagikan teknik-teknik dalam berkomunikasi dengan anak seperti, bagaimana memilih waktu yang tepat untuk berbicara, mengelola kepercayaan, dan membangun komunikasi yang positif dalam keluarga,” ungkapnya. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Psikologi UMBY Beri Pelatihan Komunikasi Efektif dan Konseling Dasar  

Tinggalkan Balasan