UMBY dan UPSI Malaysia Jalin Kolaborasi Riset dan Pengabdian Internasional  

UMBY dan UPSI Malaysia Jalin Kolaborasi Riset dan Pengabdian Internasional
UMBY dan UPSI Malaysia Jalin Kolaborasi Riset dan Pengabdian Internasional

Siarpedia.com, Yogyakarta Prodi Peternakan Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menjalin kolaborasi riset dan pengabdian internasional dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. UMBY dan UPSI menjalin kerjasama riset dan pengabdian internasional untuk pengembangan teknologi pakan dan reproduksi ternak, serta penanganan stunting di Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

 

Kolaborasi riset ini dilakukan di Indonesia dan Malaysia. Tim riset dan pengabdian dari prodi Peternakan UMBY terdiri dari tiga orang. Ketua tim peneliti dari Prodi Peternakan UMBY adalah Ir Setyo Utomo MP dengan beranggotakan Ir Nur Rasminati MP, Ir Tyastuti Purwani MP serta Ir Ajat Sudrajat SPt MPt IPP. Selain itu, terdapat anggota dari UPSI Malaysia yakni Dr Fazhana Ismail.

 

Ketua tim kerjasama riset internasional Ir Setyo Utomo MP menyampaikan, jika riset ini diawali rendahnya peningkatan populasi sapi diakibatkan terhambatnya fase birahi sapi yang mempengaruhi efisiensi reproduksi. Lantas Prodi Peternakan UMBY dan UPSI berencana untuk memanfaatkan flushing pakan berbahan lokal. Pihaknya juga ingin mengembangkan teknologi reproduksi berbasis bahan lokal.

 

Baca Juga ; UMBY dan UMK Lanjutkan Kerjasama  

 

Fazhana Ismail mengatakan, pada tahun pertama dan kedua kerjasama telah sukses melaksanakan joint community service pemberdayaan kelompok wanita tani dan remaja di Indonesia dan Malaysia, serta pemberdayaan kader posyandu untuk penanganan stunting. Tahun ketiga ini, ia siap berkontribusi sebagai narasumber ataupun konsultan industri perternakan agar hasil kerjasama dapat diimplementasikan di Malaysia ataupun Indonesia.

 

Untuk riset teknologi reproduksi ini bertujuan untuk menghasilkan pakan flushing yang dapat dijadikan suplementasi guna mengoptimalkan produktivitas ternak. Riset ini dilaksanakan di laboratorium produksi dan reproduksi ternak UMBY,”

 

Selain itu, pada 2024 ini ingin mengadakan program student mobility dari UPSI ke UMBY. Sedang kolaborasi riset dan pengabdian ini dilaksanakan 8 bulan mulai Juni 2024 sampai Januari 2025. “Untuk riset teknologi reproduksi ini bertujuan untuk menghasilkan pakan flushing yang dapat dijadikan suplementasi guna mengoptimalkan produktivitas ternak. Riset ini dilaksanakan di laboratorium produksi dan reproduksi ternak UMBY,” paparnya. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

UMBY dan UPSI Malaysia Jalin Kolaborasi Riset dan Pengabdian Internasional  
Ditag di:        

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: