Jalan Alternatif ke Gunungkidul, Ruas Jalan Tawang – Ngalang Diresmikan  

Jalan Alternatif ke Gunungkidul, Ruas Jalan Tawang - Ngalang Diresmikan
Jalan Alternatif ke Gunungkidul, Ruas Jalan Tawang – Ngalang Diresmikan

Siarpedia.com, Gunungkidul Ruas jalan alternatif menuju Gunungkidul melewati Sleman, yaitu jalan Tawang – Ngalang menjadi pendukung strategis pengembangan wilayah selatan serta mengurangi beban kepadatan jalan di Piyungan. Hal itulah yang mendasari Gubernur DIY Sri Sultan HB X segera melakukan peresmian jembatan Kedung Kandang dan meninjau ruas jalan Tawang – Ngalang, Kamis (18/01) di Nglangeran, Patuk, Gunungkidul.

 

JJLS menjadi salah satu infrastruktur pendukung utama bagi program DIY yang berupaya menjadikan wilayah selatan sebagai pintu gerbang. Hal ini berarti, pertumbuhan ekonomi akan bertumbuh pesat di wilayah selatan, atau laut DIY,”

 

Sri Sultan HB X mengatakan, jalan ini merupakan bagian dari Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) ini menjadi pendukung tumbuhnya kawasan baru di wilayah selatan. “JJLS menjadi salah satu infrastruktur pendukung utama bagi program DIY yang berupaya menjadikan wilayah selatan sebagai pintu gerbang. Hal ini berarti, pertumbuhan ekonomi akan bertumbuh pesat di wilayah selatan, atau laut DIY,” ujar Sri Sultan HB X.

 

“Selatan menjadi kawasan baru yang bisa ditumbuhkan melalui produk-produk pantai, khususnya di perikanan. Sektor pertanian sudah terbatas sehingga produk laut menjadi kekuatan baru,” ujar Sri Sultan HB X. Kondisi tersebut menurut Sri Sultan HB X wajib didukung infrastruktur yang mumpuni. Oleh karena itu, infrastruktur JJLS dimaksimalkan pembangunannya demi mendukung program tersebut, serta pemerataan pembangunan.

 

Tidak hanya jembatan Kedung Kandang di Jalan Tawang – Ngalang, Sri Sultan HB X juga mendorong jembatan Pandansimo Bantul segera dirampungkan, sebagai kekuatan baru DIY. Sri Sultan HB X menambahkan, Pemkab Gunungkidul juga harus menumbuhkan dan mengembangkan destinasi wisata.  Harus ada inisiatif Pemkab dan masyarakat sendiri untuk memaksimalkan potensi mengingat provinsi sudah memfasilitasi infrastruktur itu.

 

Baca Juga ; Pengukuhan Bersama Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah se Ngaglik  

 

Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan, terwujudnya pembangunan jalan ruas Tawang – Ngalang ini menjadi jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Sleman dan kabupaten Gunungkidul. Dinas PUPESDM DIY melalui Dana Keistimewaan DIY melaksanakan pembangunan  jembatan Kedung Kadang, di jalan ruas Tawang-Ngalang, merupakan suatu kesatuan koridor Jalan Prambanan dan satuan ruang Kars Gunung Sewu. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Jalan Alternatif ke Gunungkidul, Ruas Jalan Tawang – Ngalang Diresmikan  

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: