Pengelolaan Sampah, DIY Terus Upayakan Perbaikan

DIY Terus Upayakan Perbaikan Pengelolaan Sampah
Pengelolaan Sampah, DIY Terus Upayakan Perbaikan

Siarpedia.com, Yogyakarta – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY menggandeng SPEAK (Strategi Pengkajian Edukasi Alternatif Komunikasi) Indonesia dalam pengurangan dan pengelolaan sampah di DIY. Melalui sinergi program Jogja Hijau dan Voices For Just Climate Action (VCA), kedua pihak saling berkolaborasi dan bekerja sama mencoba melakukan pengelolaan sampah yang selesai di tingkat kelurahan.

 

Selain itu, melakukan pengembangan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) di 10 desa percontohan mandiri sampah di DIY. “Kami menyambut baik sinergi program yang akan dilakukan kedua pihak tersebut. Dalam melaksanakan sinergi program tersebut, yang terpenting masyarakat harus dilibatkan,” kata Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Rabu (02/08) di Gedhong Pareanom Kompleks Kepatihan.

 

Semua ada peran. Kami selalu menjadikan warga itu justru menjadi subjek bukan objek. Jadi bagaimana di setiap kegiatan itu kita sepakat bahwa warga harus menjadi subjek. Dengan menjadikan warga sebagai subjek maka dapat membantu mendorong berbagai perubahan di berbagai sektor,”

 

Sri Paduka mengatakan, terkait kegiatan VCA, pihaknya sepakat apapun (program) yang dilakukan tidak bisa sendirian. “Semua ada peran. Kami selalu menjadikan warga itu justru menjadi subjek bukan objek. Jadi bagaimana di setiap kegiatan itu kita sepakat bahwa warga harus menjadi subjek. Dengan menjadikan warga sebagai subjek maka dapat membantu mendorong berbagai perubahan di berbagai sektor,” ujar Sri Paduka.

 

Selain itu, pada pelaksanaan kegiatan yang melibatkan pemberdayaan masyarakat, forum dialog bersama warga juga harus dilakukan. “Sebetulnya yang penting adalah forum dialog. Masyarakat sudah cerdas jadi harus diajak bicara. Apasih sebetulnya atau yang sebaiknya dilakukan. Kita guidance saja. Kita selalu menilai suatu masalah menggunakan kacamata kita. Gak bisa, ya dialog,” kata Sri Paduka.

 

Baca Juga ; Hadapi Era Digital, Perlu Penguatan Strategi Marketing  

 

Kepala DLHK DIY Kuncoro Cahyo Aji mengungkapkan, sinergi program Jogja Hijau dan VCA ini dilakukan di 10 desa percontohan mandiri sampah di DIY antara lain yakni 6 desa di Sleman dan 4 desa di Bantul. Enam desa di Sleman tersebut yaitu Sinduharjo, Sardonoharjo, Puriharjo, Purwomartani dan Minomartani serta Pandowoharjo. Sementara di Bantul meliputi Wirokerten, Tamanan, Srigading, dan Srihardono. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Pengelolaan Sampah, DIY Terus Upayakan Perbaikan

Tinggalkan Balasan