Tim PkM Psikologi UMBY Adakan Pelatihan Penguatan Kapasitas Komunitas

Tim PkM Psikologi UMBY Adakan Pelatihan Penguatan Kapasitas Komunitas
Tim PkM Psikologi UMBY Adakan Pelatihan Penguatan Kapasitas Komunitas

Siarpedia.com, Yogyakarta – Tim Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan Pelatihan “Penguatan Kapasitas Untuk Membentuk Pribadi Empati Sebagai Peer Konselor Bagi Rekan & Lingkungan serta Memanfaatkan Sosial Media sebagai Sarana Intervensi Komunitas” pada Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) SMA Pangudi Luhur St. Yusup Yogya.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Selasa, 25 Oktober 2022, Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 19/10/2022, yang terdiri dari 17 anggota dan 1 guru pendamping PIK-R SMA Pangudi Luhur St. Yusup Yogyakarta. Kegiatan ini diinisiasi oleh Tim PkM UMBY yang terdiri dari Sowanya Ardi Prahara SPsi MA, Angelina Dyah Arum S MPsi Psikolog dan Erydani Anggawijayanto MPsi Psikolog.

 

Sowanya Ardi Prahara menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan pada anggota PIK-R SMA Pangudi Luhur St. Yusup dan guru pembimbing dalam membentuk pribadi empati sebagai peer konselor bagi rekan dan lingkungannya. “Isu kesehatan mental telah menjadi pembahasan masyarakat dewasa ini, pengetahuan kesehatan mental menjadi esensial dalam setiap perkembangan individu, termasuk remaja,” tuturnya.

 

Baca Juga ; Jasmine Mumtaz, Mahasiswa BK UMBY Presentasi di Forum Internasional 2022  

 

Angelina Dyah Arum menambahkan pengetahuan mengenai kesehatan mental dan keterampilan dalam membentuk pribadi yang empati sebagai peer konselor dapat diberikan kepada siswa khususnya pada anggota PIK-R. “Hal ini sesuai dengan tahap perkembangan sosial pada remaja, di mana peran teman sebaya lebih kuat dibandingkan orang tua, ataupun guru. Sehingga transfer informasi akan lebih efektif jika terjadi antar teman sebaya,” ujarnya.

 

Dengan memiliki ketrampilan tersebut anggota PIK-R mampu menjadi garda paling depan dalam menangani isu kesehatan mental pada rekan dan lingkungan sekitarnya dengan lebih baik dan efektif,”

 

Erydani Anggawijayanto menambahkan pembentukan pribadi empati sebagai konselor dan pemanfaatan sosial media dalam intervensi komunitas dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota PIK-R. “Dengan memiliki ketrampilan tersebut anggota PIK-R mampu menjadi garda paling depan dalam menangani isu kesehatan mental pada rekan dan lingkungan sekitarnya dengan lebih baik dan efektif,” jelasnya. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Tim PkM Psikologi UMBY Adakan Pelatihan Penguatan Kapasitas Komunitas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: