Sambal Lezat Dari Ikan Tengiri Karya Mahasiswa UNY

Sambal Lezat Dari Ikan Tengiri Karya Mahasiswa UNY
Sambal Lezat Dari Ikan Tengiri Karya Mahasiswa UNY 

Siarpedia.com, Yogyakarta – Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki lautan yang luas sehingga potensi ikan lautnya banyak. Di Kabupaten Purworejo, potensi ikan yang melimpah menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Purworejo merupakan salah satu daerah pesisir di Indonesia yang memiliki komoditi laut utama berupa ikan tengiri, ikan layur dan ikan bawal. Jumlah ikan-ikan tersebut bisa sangat banyak ketika panen.

 

Hasil alam lautan yang melimpah oleh warga dijual secara langsung dalam kondisi masih segar. Selain potensi alam dari lautnya, Purworejo memiliki hasil pertanian yang melimpah. Potensi cabai besar dan cabai merah di daerah setempat menempati urutan kedua dengan jumlah panen sebanyak 26.077 kuintal dan 13.524 kuintal. Jumlah tersebut tentu terbilang banyak sehingga hasil penjualannya dapat menjadi salah satu penyokong ekonomi daerah.

 

Selain penjualan bahan mentah, potensi perekonomian Purworejo dapat lebih ditingkatkan dengan mengoptimalisasi sumber daya manusia setempat dalam wirausaha. Dua bahan mentah hasil alam Purworejo ini menarik perhatian sekelompok mahasiswa UNY. Mereka adalah Laila Rahmawati, Sir Hutammi Limandari, Andini Jihan Ningrum, Kholida Nailil Muna dan Kharisma Saski Larasati.

 

Masyarakat Indonesia terbiasa dengan cita rasa pedas sehingga menjadikan sambal sebagai pelengkap makanan. Sambal merupakan salah satu olahan khas Indonesia yang melegenda dan hampir selalu dijumpai setiap hari di meja makan,” 

 

Menurut Laila Rahmawati mereka mengolah kedua hasil alam yaitu cabai dan ikan tengiri tersebut menjadi sambal untuk meningkatkan penghasilan warga. “Masyarakat Indonesia terbiasa dengan cita rasa pedas sehingga menjadikan sambal sebagai pelengkap makanan. Sambal merupakan salah satu olahan khas Indonesia yang melegenda dan hampir selalu dijumpai setiap hari di meja makan,” kata Laila di Yogyakarta, Selasa, 16 Agustus 2022.

 

Baca Juga ; Menikmati Nasi Goreng, Makanan Khas Indonesia   

 

Sir Hutammi Limandari menambahkan, ikan tengiri (Scomberomorus commerson) sendiri mengandung protein yang cukup tinggi yaitu 21,4gr/100gr ikan. Protein merupakan suatu zat makanan yang sangat penting bagi tubuh yang berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur, sumber asam-asam amino yang mengandung unsur C, H, O dan N yang tidak dimiliki oleh lemak atau karbohidrat.. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

1 thought on “Sambal Lezat Dari Ikan Tengiri Karya Mahasiswa UNY

  1. selamat berkarya anak bangsa, semoga dengan pemikiran dan inovasi adik-adik UNY akan menambah nilai hasil alam kita, selamat dan sukses untuk UNY

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: