Menikmati Nasi Goreng, Makanan Khas Indonesia   

Menikmati Nasi Goreng, Makanan Khas Indonesia  
Menikmati Nasi Goreng, Makanan Khas Indonesia 

Siarpedia.com, Yogyakarta  – Masak apa ya untuk sarapan ? Bikin nasi goreng. Kepopuleran nasi goreng tidak diragukan lagi, karena mudah mencari sajian nasi yang digoreng ini entah di restoran maupun penjual masakan di pinggir jalan ini. Meskipun enak, resep nasi goreng tidak begitu sulit, jadi bisa membuatnya sendiri di rumah bareng keluarga nih.

 

Dikutip dari berbagai sumber, nasi goreng merupakan sajian nasi yang digoreng dalam sebuah wajan atau penggorengan menghasilkan cita rasa berbeda karena dicampur dengan bumbu-bumbu seperti garam, bawang putih, bawang merah, merica dan kecap manis. Selain itu, ditambahkan bahan-bahan pelengkap seperti telur, sayur-sayuran, makanan laut, atau daging.

 

Nasi goreng adalah komponen populer dari masakan Asia Timur, Tenggara dan Selatan pada wilayah tertentu. Sebagai hidangan buatan rumah, nasi goreng biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang tersisa dari hidangan lainnya, yang berujung pada ragam yang tak terbatas. Nasi goreng menjadi penopang ekonomi masyarakat, hal yang sama juga terjadi pada masakan mi goreng.

 

Baca Juga ; Rumah Produksi Kue Adrem Mbak Kis Dikunjungi  HMPPI UMBY  

 

Nasi goreng adalah makanan jalanan populer di Asia. Di beberapa negara Asia, restoran kecil, gerai pinggir jalan dan pedagang keliling mengkhususkan diri dalam menyajikan nasi goreng. Di kota-kota Indonesia, pedagang umum nasi goreng biasa ditemukan berpindah-pindah dengan gerobak makanan mereka dan berhenti di jalanan sibuk atau kawasan tempat tinggal. Cara membuat nasi goreng tidaklah sulit.

 

Siapkan penggorengan dengan api sedang, tuang margarin atau minyak goreng. Masukkan bawang putih dan daun bawang cincang halus. Tumis hingga berbau harum atau warnanya keemasan. Masukkan telur ayam. Tumis sebentar. Masukkan bumbu halus dan nasi. Aduk hingga tercampur rata. Tuang kecap manis dan garam. Aduk hingga warna nasi berubah merata. Nasi goreng siap disajikan,” 

 

“Siapkan penggorengan dengan api sedang, tuang margarin atau minyak goreng. Masukkan bawang putih dan daun bawang cincang halus. Tumis hingga berbau harum atau warnanya keemasan. Masukkan telur ayam. Tumis sebentar. Masukkan bumbu halus dan nasi. Aduk hingga tercampur rata. Tuang kecap manis dan garam. Aduk hingga warna nasi berubah merata. Nasi goreng siap disajikan,” tutur Arif, pedagang nasi goreng pinggir jalan Godean. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: