KKN UMBY Adakan Penyuluhan Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Ibu PKK

KKN UMBY Adakan Penyuluhan Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Ibu PKK
KKN UMBY Adakan Penyuluhan Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Ibu PKK

Siarpedia.com, Yogyakarta – Sebagai salah satu wujud rangkaian pelaksanaan program kerja dari kelompok 6 Kuliah Kerja Nyata-Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Mandiri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Kamis, 11/08/2022, telah dilaksanakan penyuluhan bagi ibu PKK desa Agromulyo. Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Bulak Pacar Jogja Youth Farming Argomulyo.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Selasa, 16 Agustus 2022, adapun topik yang diangkat adalah manajemen waktu sebagai ibu rumah tangga dan individu yang diikuti oleh 22 partisipan dari kelompok Ibu PKK Desa Agromulyo dan 10 Mahasiswa dari kelompok 6 KKN UMBY. Penyuluhan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran bagaimana menjadi seorang ibu yang berdaya.

 

Acara dibuka dengan sambutan Miftahul Huda sebagai ketua kelompok 6 KKN-PPM Mandiri UMBY. Dilanjutkan sambutan dari Ibu Lurah sebagai perwakilan dari kelompok Ibu PKK Desa Agromulyo yakni Susiastanti. Dalam sambutanya, Ketua PKK Desa Argomulyo Susiastanti mengatakan pengangkatan topik manajemen waktu sebagai ibu rumah tangga dan individu merupakan hal penting mengingat peran ibu dalam keluarga sangat krusial.

 

Baca Juga ; KKN-PPM Mandiri UMBY Ikut Semarakkan Pacak Sepuran  

 

Acara ini menghadirkan Dosen Fakultas Psikologi UMBY yakni Angelina Dyah Arum S MPsi Psikolog sebagai pemateri. Materi yang disampaikan dalam perspektif psikologis yang diantaranya membahas tentang menjadi ibu, wanita rentan stress, dampak stress pada wanita dan ibu, bagaimana menjadi ibu yang berdaya, dan teknik berkomunikasi yang baik dalam keluarga.

 

Untuk menjadi seorang ibu yang berdaya perlu komunikasi yang baik didalam keluarga, komunikasi yang baik tidak hanya berlaku kepada suami dan istri tapi juga bisa diterapkan kepada anak untuk meminimalkan perilaku yang tidak diinginkan sehingga setidaknya hal tersebut dapat meringankan beban dari seorang ibu,” 

 

Adanya penyuluhan ini adalah sebagai bentuk pengamalan Tridharma perguruan tinggi. “Untuk menjadi seorang ibu yang berdaya perlu komunikasi yang baik didalam keluarga, komunikasi yang baik tidak hanya berlaku kepada suami dan istri tapi juga bisa diterapkan kepada anak untuk meminimalkan perilaku yang tidak diinginkan sehingga setidaknya hal tersebut dapat meringankan beban dari seorang ibu,” jelas Angelina Dyah Arum S. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

KKN UMBY Adakan Penyuluhan Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Ibu PKK
Ditag di:        

Tinggalkan Balasan