Tingkatkan Penguasaan Kepalangmerahan, KSR PMI UMBY Adakan Simulasi Bencana

Tingkatkan Penguasaan Kepalangmerahan, KSR PMI UMBY Adakan Simulasi Bencana
Tingkatkan Penguasaan Kepalangmerahan, KSR PMI UMBY Adakan Simulasi Bencana

Siarpedia.com, Yogyakarta – Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit VIII Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan kegiatan Orientasi Anggota. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat meningkatkan penguasaan materi kepalangmerahan bagi anggota. Acara dilaksanakan pada Sabtu–Minggu tanggal 30–31 Juli 2022 di lingkungan Kampus 1 UMBY.

 

Dalam kegiatan ini, peserta diberikan teori dan praktik, serta simulasi bencana. Anggota dihadapkan dengan gambaran situasi ketika bencana, seperti menerapkan langsung pemberian pertolongan pertama pada korban, penanganan bencana, assesment, perancangan shelter, perencanaan logistik dan dapur umum, yang didampingi secara langsung oleh komandan KSR PMI Unit 1 Kota Yogyakarta M Fauzi Amrulloh dan pelatih PMI Kota Yogya Syakirin.

 

Kegiatan ini disambut baik oleh anggota angkatan 2020 dan 2021 yang terlibat sebagai peserta. “Saya merasa senang karena adanya kegiatan ini dapat menambah pengalaman dan skill, seperti koordinasi dengan tim di lapangan pada saat simulasi penanganan bencana,” ucap Scholastica Larissa salah satu anggota KSR PMI unit VIII UMBY, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Kamis, 4 Agustus 2022.

 

Kegiatan ini juga diadakan untuk melatih para anggota agar mampu menjadi relawan yang selalu siap melaksanakan tugas dalam berbagai kondisi,” 

 

Ketua pelaksana, M Safriyansyah Attammi menyampaikan bahwa dengan terlaksananya kegiatan orientasi ini  diharapkan dapat menjadi bekal bagi anggota pada saat melaksanakan tugas piket posko maupun penjagaan berbagai event sebagai tim kesehatan. “Kegiatan ini juga diadakan untuk melatih para anggota agar mampu menjadi relawan yang selalu siap melaksanakan tugas dalam berbagai kondisi,” ujarnya.

 

Baca Juga ; Psikologi UMBY dan UMG Komitmen Pengembangan Sociopreneurship   

 

Raihan salah satu peserta orientasi mengatakan, pemateri pada kegiatan ini menyampaikan materi dengan baik dan jelas serta sesi-sesi diskusi yang dibangun melibatkan peserta orientasi secara aktif sehingga tetap berjalan menyenangkan. “Kegiatan orientasi ini, sangat menyenangkan karena pemateri menyampaikan materinya dengan jelas serta melibatkan peserta orientasi pada saat sesi-sesi diskusi,” ujar Raihan. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: