Belajar Matematika Melalui Gamelan Jawa

Belajar Matematika Melalui Gamelan Jawa
Belajar Matematika Melalui Gamelan Jawa 

Siarpedia.com, Yogyakarta – Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang harus termuat mulai jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan menengah. Dengan harapan mampu melatih siswa untuk dapat berpikir realistik, kritis, praktis, sistematis, dan kreatif. Namun tak sedikit siswa yang menganggap matematika itu salah satu pembelajaran yang sulit, abstrak, membosankan, menakutkan dan susah dipahami.

 

Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan kurang tepatnya cara penyampaian pembelajaran,  sehingga banyak siswa yang merasa kesulitan belajar matematika. Situasi tersebut berdampak menurunkan prestasi siswa dalam pelajaran matematika dan memberikan efek negatif bagi pelajaran matematika itu sendiri. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk memudahkan belajar matematika adalah melalui perspektif etnomatematika melalui gamelan Jawa.

 

Etnomatematika merupakan sebuah pendekatan yang dapat digunakan untuk menjelaskan realitas hubungan antara budaya lingkungan dan matematika sebagai rumpun ilmu pengetahuan. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran etnomatematika di sekolah, siswa tidak hanya bisa menjadikan gamelan Jawa sebagai salah satu media dalam pembelajaran matematika tetapi juga dapat melestarikan gamelan Jawa itu sendiri.

 

Baca Juga ; SDIT Hidayatullah Adakan Khatmul Qur’an & Imtihan Metode Ummi ke-6

 

Selain itu pembelajaran matematika yang dipelajari melalui kebudayaan lokal membuat lebih menarik dan mudah dipelajari. Inilah yang menjadi perhatian mahasiswa FMIPA UNY Galang Sumantri dan Anisa Fatma Kurnia Sari yang mengeksplorasi etnomatematika pada gamelan Jawa sebagai media belajar matematika. Menurut Galang Sumantri alat musik gamelan Jawa dapat dijadikan sebagai media belajar matematika khususnya geometri.

 

“Dari hasil observasi dan studi literatur diperoleh hasil terdapat unsur matematika pada alat musik gamelan Jawa, berupa geometri bidang maupun geometri ruang diantaranya persegi, persegi panjang, lingkaran, trapesium, bola, tabung, dan kerucut terpancung. Pada alat musik gamelan Jawa terdapat bentuk yang erat kaitannya dengan bangun datar dan bangun ruang pada matematika, ” 

 

“Dari hasil observasi dan studi literatur diperoleh hasil terdapat unsur matematika pada alat musik gamelan Jawa, berupa geometri bidang maupun geometri ruang diantaranya persegi, persegi panjang, lingkaran, trapesium, bola, tabung, dan kerucut terpancung. Pada alat musik gamelan Jawa terdapat bentuk yang erat kaitannya dengan bangun datar dan bangun ruang pada matematika, ” kata Galang Sumantri, Senin, 4 April 2022. (*)

 

Belajar Matematika Melalui Gamelan Jawa

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: