Implementasi HACCP di Industri Pengolahan Susu

Sharing Session Implementasi HACCP di Industri Pengolahan Susu
Sharing Session Implementasi HACCP di Industri Pengolahan Susu 

Siarpedia.com, Yogyakarta – Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan Kuliah Dosen Tamu yang melibatkan praktisi industri dari PT Sari Husada, Jumat, 31/12/2021. Kuliah dosen tamu dengan topik “Implementasi Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) dalam Industri Pengolahan Susu”.

 

Acara ini menghadirkan Product Development Manager PT Sari Husada Cahyo Budiyanto STP MP bersama dengan oleh Research and Development Senior Manager PT Sari Husada Irliek Irnastiti. Kuliah dosen tamu dengan dosen praktisi industri sangat penting untuk meningkatkan relevansi pembelajaran perguruan tinggi dan menambah wawasan bagi mahasiswa.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta MM, Senin, 3 Januari 2022, sharing pengalaman dari Cahyo Budiyanto yang pernah menjabat manager di PTPN 10, PT Nestle dan saat ini di PT Sari Husada, banyak membuka wawasan mahasiswa tentang arti penting implementasi Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) dalam industri pangan.

 

“Industri pengolahan susu dipilih karena susu dan produk olahan susu mempunyai resiko bahaya yang tinggi, sehingga pengelolaan Hazard Analysis and Critical Control Point menjadi lebih kompleks,” 

 

Ditambahkan Irliek Irnastiti bahwa implementasi Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) di PT Sari Husada telah berjalan puluhan tahun. Saat ini, telah menjadi work culture sehingga produk yang dihasilkan terjamin keamanannya. “Industri pengolahan susu dipilih karena susu dan produk olahan susu mempunyai resiko bahaya yang tinggi, sehingga pengelolaan Hazard Analysis and Critical Control Point menjadi lebih kompleks,” ucapnya.

 

Baca Juga ;HIMATEPA UMBY Adakan Webinar Keamanan Pangan

 

Moderator dalam acara tersebut adalah dosen pengampu mata kuliah Hazard Analysis and Critical Control Point UMBY Dr Ch. Lilis Suryani STP MP. Setelah pemaparan materi, dilanjutkan diskusi inspiratif karena diikuti oleh mahasiswa dari lintas program studi. Kegiatan ini sebagai perwujudan dari program pengembangan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) UMBY, khususnya Program Peningkatan Relevansi Pendidikan. (*)

 

Implementasi HACCP di Industri Pengolahan Susu

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: