Dosen Peternakan UMBY Jadi Tenaga Ahli Kementerian

KabarUMBY NewsLINE
Dosen Peternakan UMBY Jadi Tenaga Ahli Kementerian
Dosen Peternakan UMBY Jadi Tenaga Ahli Kementerian

Siarpedia.com, Yogyakarta – Bisnis pangan di seluruh dunia semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi digital. Pengembangan produk agroindustri, produksi pertanian/peternakan, pengolahan hasil, panen, pasca panen dan pemasaran saat ini sudah terintegrasi dan lebih memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari hari, baik dari makanan pokok seperti beras, daging, telur, susu dan lain-lain.

 

Tantangan sektor pertanian atau peternakan saat ini adalah semakin sempitnya lahan pertanian/peternakan karena alih fungsi baik untuk kawasan perumahan ataupun kawasan industri. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk memanfaatkan lahan perkebunan, kehutanan dan perhutani menjadi lahan yang dapat digunakan untuk integrated farming (pertanian terpadu) supaya dapat menghasilkan komoditas yang multi produk.

 

Baca Juga ;Pengurus IKAGRO UMBY 2021-2024 Dilantik

 

Sebagai contoh integrasi pertanian dan kehutanan adalah adanya tanaman tumpang sari kopi dilahan hutan pinus, sehingga produk yang dihasilkan lebih dari satu komoditi. Contoh lain adalah integrasi peternakan dengan perkebunan yang menghasilkan produk daging dan hasil kebun. Berdasarkan hal tersebut, kementerian investasi/BKPM Republik Indonesia melihat peluang besar pengembangan bisnis integrasi  sapi-sawit.

 

Kementerian investasi tahun ini salah satu programnya adalah pembuatan Investment Project Ready to Offer (IPRO) Pengembangan Investasi Peternakan Sapi Terintegrasi, dimana peluang bisnis dan peluang investasinya cukup menjanjikan, mengingat kebutuhan daging sapi di Indonesia sangat tinggi dan ketersediaannya masih kurang sehingga masih mengandalkan impor baik bakalan dan daging beku.

 

“2 diantaranya tenaga ahli UMBY, yakni Ir Nur Rasminati MP (team leader) dan Ir Ajat Sudrajat SPt MPt IPP sebagai tenaga ahli peternakan Fakultas Agroindustri,“

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Widarta SE MM, Senin, 15 November 2021, kementerian investasi dalam penyusunan IPRO menggandeng PT Sinergi Visi Utama Konsultan Yogyakarta dan beberapa tenaga ahli. “2 diantaranya tenaga ahli UMBY, yakni Ir Nur Rasminati MP (team leader) dan Ir Ajat Sudrajat SPt MPt IPP sebagai tenaga ahli peternakan Fakultas Agroindustri,“ katanya . (*).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *