Implementasi Kurikulum Pendidikan Berbasis OBE

KabarUMBY NewsLINE
Implementasi Kurikulum Pendidikan Berbasis OBE
Implementasi Kurikulum Pendidikan Berbasis OBE

Siarpedia.com, Yogyakarta – Sebagai bentuk komitmen mewujudkan pendidikan berkualitas, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) senantiasa berinovasi dalam penyusunan kurikulum dan metode pembelajaran. Salah satu yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan Psikologi UMBY adalah mengembangkan kurikulum pendidikan berbasis luaran atau yang dikenal Outcome-Based Education (OBE).

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Sabtu, 13 November 2021, Kurikulum ini sesuai dengan Pedoman Kurikulum Perguruan Tinggi (PKPT) yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum ini menekankan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten sesuai dengan capaian lulusan dari masing-masing prodi termasuk di Fakultas Psikologi.

 

Baca Juga ; Pendidikan Tinggi Hadapi Megatrend Dunia 2045

 

Untuk mendukung tersebut, Fakultas Psikologi UMBY mengadakan sharing implementasi Kurikulum Pendidikan Berbasis Luaran OBE dengan pembicara dosen Prodi Agroteknologi Fakultas Agroindustri UMBY Ir Wafit Dinarto MSi. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui platform zoom, Senin, 8 November 2021 dengan moderator Aditya Putra Kurniawan MSH Couns, koordinator pengajaran di Fakultas Psikologi UMBY.

 

Wafit Dinarto menyampaikan dua hal yang harus dipersiapkan dalam kurikulum OBE, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan sistem asesmen pembelajaran yang idealnya tercantum di RPS. Selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UMBY yang baru dilantik untuk periode 2021 hingga 2025, Wafit Dinarto menyatakan bahwa pimpinan universitas mendukung pengembangan kurikulum OBE ini.

 

“Setelah sesi sharing ini dilakukan, dosen-dosen di lingkungan Fakultas Psikologi UMBY diharap dapat memiliki semangat yang lebih tinggi untuk berinovasi dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan prinsip OBE, “

 

Dekan Fakultas Psikologi UMBY Reny Yuniasanti MPsi Psikolog menyatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari workshop OBE yang pernah diselenggarakan Fakultas Psikologi UMBY. “Setelah sesi sharing ini dilakukan, dosen-dosen di lingkungan Fakultas Psikologi UMBY diharap dapat memiliki semangat yang lebih tinggi untuk berinovasi dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan prinsip OBE, “ pesan Reny Yuniasanti. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *