ICT UMBY Terima Kunjungan Tim IT dan Publikasi UMB Jakarta

KabarUMBY NewsLINE
ICT UMBY Terima Kunjungan Tim IT dan Publikasi UMB Jakarta
ICT UMBY Terima Kunjungan Tim IT dan Publikasi UMB Jakarta

Siarpedia.com, Yogyakarta – Biro ICT Universitas Mercu Buana Yogyakarta menerima kunjungan Tim IT dan Publikasi Universitas Mercu Buana Jakarta (UMB Jakarta) di Kampus 1 Rektorat UMBY, Senin dan Selasa, 8-9 November 2021. Dalam kegiatan tersebut Tim UMB Jakarta melihat bagaimana implementasi sistem OJS pada jurnal UMBY dan berdiskusi mengenai apa saja yang perlu dilakukan agar jurnal yang dikelola terindeks Google Schoolar.

 

Dalam kunjungan tersebut, Tim IT dan Publikasi UMB Jakarta diwakili Rizki Briandana Ssos MComm PhD (Direktur Akademik dan Kemahasiswaan), Moestanuzul Indrawan SKom (Kepala Bagian Publikasi), Yananto Mihadi Putra SE MSi (Kasub Publikasi), Lukman Medriavin Silalahi ST MT (Kepala Biro Informasi Teknologi), Hendrikus Lusio Soge SKom. (Staf Pengembangan Sistem Informasi) dan Ismail SKom (Kabag Operasional TI).

 

“Pengelolaan jurnal memang sudah seharusnya diperhatikan dengan baik agar dapat terindeks Google Scholar, karena hal ini akan berpengaruh pada nilai sitasi dari setiap Dosen,

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Sabtu, 13 November 2021, Rektor UMBY Dr Agus Slamet STP MP menyambut baik kedatangan Tim IT dan Publikasi UMB Jakarta. “Pengelolaan jurnal memang sudah seharusnya diperhatikan dengan baik agar dapat terindeks Google Scholar, karena hal ini akan berpengaruh pada nilai sitasi dari setiap Dosen, “ kata Agus Slamet menyampaikan.

 

Direktur Akademik dan Kemahasiswaan UMB Jakarta Rizki Briandana mengatakan kunjungan dilakukan dalam rangka melakukan diskusi dan sharing terkait pengelolaan sistem Open Journal System (OJS) dan Teknis dengan TIM ICT dan Publikasi UMBY, diantaranya seperti konfigurasi server, sistem keamanan data, konfigurasi plugin, dan manajemen tata kelola jurnal berbasis OJS.

 

Baca Juga ;Media Pembelajaran “Belajar Asyik Mahir Teknologi“

 

Kepala Biro ICT UMBY Albert Yakobus Chandra SKom M.Eng MCE menyampaikan beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk indeksasi OJS, antara lain seperti pembuatan akun Google Webmaster, melakukan validasi, menambahkan sitemap OJS pada Google Web Master, mengatur metadata dari OJS, dan melakukan konfigurasi indexing plugin pada OJS. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *