Pembangkit Listrik Portabel karya Mahasiswa UNY

HumanioraEDU NewsLINE
Hydro Coil Turbine, Permbangkit Listrik Portabel karya Mahasiswa UNY
Hydro Coil Turbine, Permbangkit Listrik Portabel karya Mahasiswa UNY

Siarpedia.com, Yogyakarta – Kondisi saat ini kebutuhan dan permintaan energi listrik di Indonesia semakin meningkat, namun tidak sebanding dengan pasokan sumber energi. Selama ini Indonesia banyak menggunakan sumber energi listrik dari bahan yang tidak terbarukan seperti batubara dan gas yang merupakan penyumbang efek rumah kaca dengan karbon dioksidanya, sehingga menyebabkan panas global.

 

Padahal Indonesia memiliki potensi sumber daya yang dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik. Salah satunya energi air. Sumber daya air yang melimpah, sehingga potensial untuk menggunakan sumber daya air sebagai energi listrik, yang hingga kini belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembangkit listrik tenaga air portable yang dapat memenuhi kebutuhan listrik terutama di daerah pedesaan dan daerah terpencil.

 

Baca Juga ; Siswa SMK Mencintai Matematika, Kenapa Tidak?

 

Inilah yang mendorong sekelompok mahasiswa UNY merancang pembangkit listrik hydro coil turbine dengan memanfaatkan aliran sungai sebagai  sumber energi listrik ramah lingkungan. Mereka adalah  Ahmad Rizal Rifani prodi D4 teknik mesin, Abdul Rosyid Hidayatullah prodi fisika, Helmi Kusuma Perdana dan Khakam Ma’ruf prodi pendidikan teknik mesin serta Lutfi’ah Sungkar prodi PGSD.

 

“Beberapa rekayasa sistem pembangkit listrik telah dilakukan dengan mengubah desain dan ukuran turbin, namun tenaga yang dihasilkan kurang optimal dan perawatan turbin tidak mudah,”  

 

Menurut Ahmad Rizal, pembangkit listrik tenaga air yang sudah ada mengalami beberapa kekurangan, yakni ukuran besar, tidak praktis, sulit perawatan, daya yang dihasilkan tidak optimal dan membutuhkan aliran air deras. “Beberapa rekayasa sistem pembangkit listrik telah dilakukan dengan mengubah desain dan ukuran turbin, namun tenaga yang dihasilkan kurang optimal dan perawatan turbin tidak mudah” paparnya, Senin, 1 November 2021 .

 

Inovasi Hydro Coil Turbine rancangannya dapat beroperasi dengan aliran air yang tidak deras, sehingga dapat diterapkan pada selokan dan jaringan irigasi di pedesaan, turbin air ini lebih portabel, praktis, lebih mudah digunakan dan mudah dalam perawatan, serta efektivitas daya lebih besar. Turbin ini bekerja dengan mengubah energi potensial air menjadi energi kinetik berupa putaran… (*)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *