Prodi Peternakan UMBY Beri Pelatihan Ternak Domba
Prodi Peternakan UMBY Beri Pelatihan Ternak Domba

Siarpedia.com, Yogyakarta – Prodi Peternakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) beberapa waktu lalu menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pengenalan manajemen pemeliharaan ternak domba, teknologi pakan, pengolahan limbah dan penerapan bioteknologi reproduksi. Kegiatan pelatihan tersebut bertempat di balai pertemuan kelompok ternak Berkah Makmur Desa Banyusidi Kecamatan Pakis Kab. Magelang.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 29 September 2021, Program pelatihan dan pengenalan manajemen pemeliharaan ternak domba ini bekerjasama dengan BAPEDA Kab. Magelang Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan peternak dan meningkatkan wawasan mengenai usaha/bisnis serta penerapan bioteknologi reproduksi pada ternak domba.

 

Baca Juga ; Buah Pepaya Diolah Jadi Permen

 

Tim pengabdian masyarakat dari prodi Peternakan UMBY terdiri dari Ir Ajat Sudrajat SPt MPt IPP, Ir Nur Rasminati MP, Ir Setyo Utomo MP, Dr Ir Sri Hartati Candra Dewi MSi dan Ir Niken Astuti MP. Pada Kegiatan Pelatihan teknologi pakan diberikan oleh Ir Niken Astuti, yaitu pembuatan pakan fermentasi dengan teknologi silase, Pelatihan manajemen dan aplikasi bioteknologi reproduksi disampaikan oleh Ir Ajat Sudrajat, Ir Setyo dan Ir Nur Rasminati.

 

Pelatihannya adalah inseminasi buatan pada domba garut dan domba batur/wonosobo, penampungan semen dan deteksi kebuntingan. Dr. Ir. Sri Hartati Candra Dewi memberikan pelatihan pengolahan limbah peternakan domba. Kelompok ternak Berkah makmur sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut, seluruh anggota kelompok hadir dan mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan.

 

“Karena itu, adanya pelatihan ini kelompok ternak Berkah Makmur dapat menerapkan manajemen pemelihaan, sehingga produktivitas ternak domba ini dapat meningkat dan dapat menambah penghasilan anggota kelompok, “ 

 

Menurut Nur Rasminati, ternak domba merupakan komoditas prospektif dan mempunyai nilai jual tinggi. Kebutuhan ternak domba tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri. “Karena itu, adanya pelatihan ini kelompok ternak Berkah Makmur dapat menerapkan manajemen pemelihaan, sehingga produktivitas ternak domba ini dapat meningkat dan dapat menambah penghasilan anggota kelompok, “ kata Nur Rasminati. (*)

 

Prodi Peternakan UMBY Beri Pelatihan Ternak Domba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *