Forum Integrasi MBKM Antara PT dan Industri
Forum Integrasi MBKM Antara PT dan Industri

Siarpedia.com, Yogyakarta – Merdeka Belajar  Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program dalam rangka menyiapkan lulusan pendidikan tinggi yang tangguh dalam menghadapi perubahan. Saat ini, program MBKM telah mulai diterapkan sejumlah perguruan tinggi. Tetapi untuk dapat menerapkan kebijakan tersebut, perguruan tinggi maupun industri harus mempersiapkan diri agar nantinya program tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

 

Guna mendukung kebijakan MBKM tersebut dalam hal ini adalah Magang/praktik kerja, maka penting untuk menyamakan persepsi antara industri dengan kampus agar pelaksanaan magang dapat berjalan lancar. Oleh karena itu Asosiasi Digital Kreatif (ADITIF) dan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan forum untuk membahas MBKM Magang tersebut.

 

Baca Juga ; Kamasetra UNY Gelar Lomba Kreasi Tari Tradisi

 

Acara dilangsungkan daring, Rabu, 8 September 2021, dihadiri perwakilan industri, LLDIKTI wilayah 5, APTIKOM, APTISI dan perwakilan perguruan tinggi. Acara ini bertujuan menyediakan wadah diskusi bagi perguruan tinggi dan industri, untuk mengupas mengenai MBKM dan menyamakan persepsi antara industri dan perguruan tinggi, pentingnya MBKM magang bagi kedua pihak dan peran industri dalam MBKM Magang.

 

“Poin utama diadakannya acara ini,  yaitu seberapa siap dan seberapa antusias pihak industri dalam manyambut MBKM magang ini ?, “ 

 

Selain itu, tujuan dari forum ini juga sebagai bentuk persiapan menuju bursa magang virtual di BCTN 2.0 by Hacklab yang akan diselenggarakan pada tanggal 16,17,18 September 2021. “Poin utama diadakannya acara ini,  yaitu seberapa siap dan seberapa antusias pihak industri dalam manyambut MBKM magang ini ?, “ demikian disampaikan Dekan FTI UMBY Anief Fauzan Rozi SKom MEng, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Kamis, 9 September 2021.

 

Dr Agfianto Eko Putra Msi, perwakilan dari APTISI DIY menyampaikan, Perguruan tinggi mendukung dan terbuka sekali untuk melaksanakan program MBKM ini, terlebih lagi untuk pembelajaran internal kampus nantinya bisa lebih terbuka, dan memberi kesempatan kepada mahasiswa merasakan secara langsung terjun di dunia industri. Hal ini juga akan mempererat hubungan antara indusri dan perguruan tinggi. (*)

 

Forum Integrasi MBKM Antara PT dan Industri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *