Kamasetra UNY Gelar Lomba Kreasi Tari Tradisi
Kamasetra UNY Gelar Lomba Kreasi Tari Tradisi

Siarpedia.com, Yogyakarta – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kamasetra Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan lomba kreasi tari tradisi tingkat nasional ‘Lenggot Bawaraga’ yang dihelat secara online belum lama ini. Kegiatan tersebut  bertujuan untuk menarik minat remaja Indonesia agar berkreasi dibidang seni tradisi dengan tema keberagaman. Lomba tari  tersebut diikuti 62 tim dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum.

 

“Semoga dengan lomba tari ini peserta dapat terfasilitasi untuk melestarikan budaya  Indonesia” 

 

Ketua UKM Kamasetra UNY Ferdi Biantoro menjelaskan, UKM Kamasetra adalah singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Seni Tradisi yang yang bergerak di bidang seni dan tradisi pada umumnya dan tradisi Jawa pada khususnya. “Semoga dengan lomba tari ini peserta dapat terfasilitasi untuk melestarikan budaya  Indonesia” kata Ferdi Biantoro di Yogyakarta, Senin, 6 September 2021.

 

Menurut ketua panitia Ilma Fatimah dalam menyusun karya seni  tersebut dibutuhkan kreativitas yang tinggi untuk menghasilkan karya seni yang baik. Diharapkan diadakannya lomba tari kreasi tradisi lenggot bawaraga tingkat nasional  tersebut para seniman muda dapat menumbuhkan kreasi mereka dibidang seni tari tradisional. ” Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi ajang pengenalan dan prestasi UKM Kamasetra dan UNY ke tingkat nasional, ” katanya.

 

Baca Juga ; Permainan Tradisional, Minimalisir Kecanduan Gadget

 

Dikatakan pula, tari tidak tercipta secara instan, terdapat sebuah proses atau  langkah-langkah yang harus ditempuh dalam karya seni tari dimulai dari mencari ide-ide, yaitu melalui eksplorasi improvisasi, dan pembentukan (komposisi). “Semoga kegiatan ini dapat sebagai media pelestarian seni tradisi Bangsa Indonesia sekaligus menumbuhkan minat dan aparesiasi terhadap seni budaya Indonesia,” katanya.

 

Disampaikan, dewan juri dalam kegiatan  tersebut  adalah penari dan koreografer Anter Asmorotejo, komposer Anon Suneko dan seniman Didik Hadiprayitno yang lebih dikenal sebagai Didik Nini Thowok. Penjurian  tersebut dilihat dari kesesuaian tema, wiraga, wirama, dan wirasa. Juara 1 diraih oleh tim Kenya Kiprah dari DIY, juara 2 Taksu Krisna dari Bali dan juara 3 Mahatani Muratwangi UNY dari DIY . (*)

 

Kamasetra UNY Gelar Lomba Kreasi Tari Tradisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *