Pendidikan dengan Bimbel Daring
Pendidikan dengan Bimbel Daring

Siarpedia.com, Yogyakarta – Kelompok 80 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Luwung Kencana Susukan Cirebon Jawa Barat. KKN 80 UMBY mengusung program bimbingan belajar (Bimbel) secara daring untuk membantu pelaksanaan pendidikan di tengah pandemi COVID-19.

 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan melihat bahwa berubahnya proses belajar di sekolah menjadi Belajar Dari Rumah (BDR) yang diberikan dalam jaringan (daring) cukup membuat perbedaan besar bagi siswa maupun orang tua. Sulitnya beradaptasi dengan perubahan yang terjadi membuat orang tua stress dan anak-anak tidak dapat memahami materi secara maksimal.

 

Baca Juga ;Pandemi, Pembelajaran Bagi Anak Secara Online

 

Bimbingan belajar ini membahas beberapa bidang ilmu pengetahuan seperti Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Kesenian, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia dengan menggunakan  metode yang bervariatif kombinasi antara daring dan luring seperti penyampaian materi melalui zoom meeting, kuis, membantu anak-anak memahami pekerjaan rumah melalui WhatsApp group..

 

“Kami membuat kegiatan-kegiatan yang bervariasi supaya anak-anak yang mengikuti kegiatan belajar mengajar merasa tidak bosan dan dapat memahami tujuan pembelajaran dengan cara yang lebih mudah dimengerti,”

 

Bahkan, saat belajar IPA, anak-anak diajak terjun langsung ke lapangan untuk melihat secara langsung perbedaan akar tunggang dan serabut. “Kami membuat kegiatan-kegiatan yang bervariasi supaya anak-anak yang mengikuti kegiatan belajar mengajar merasa tidak bosan dan dapat memahami tujuan pembelajaran dengan cara yang lebih mudah dimengerti,” kata Ketua KKN PPM Kelompok 80 UMBY Mihron, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Selasa, 24 Agustus 2021.

 

Mihron menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan memberikan motivasi dan menumbuhkan semangat belajar anak-anak agar selalu menjalankan kegiatan yang bersifat produktif. Harapan paling tinggi dari kelompok 80 untuk generasi sekarang bagi anak-anak Dusun Luwung Kencana adalah kegiatan KKN UMBY berkontribusi dalam meningkatkan dan memperbaiki kualitas SDM di dusun tersebut… (*)

 

Tingkatkan Mutu Pendidikan dengan Bimbel Daring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *