KKN 21 UMBY Bantu Promosi UMKM
KKN 21 UMBY Bantu Promosi UMKM

Siarpedia.com, Sleman – Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 21 angkatan XXXIX mengunjungi salah satu UMKM yang berada di Dusun Banjarsari Desa Glagaharjo Cangkringan. KKN-PPM 21 UMBY didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) oleh M Nastain SSosI MIKom

 

Salah satu yang di datangi tim KKN-PPM Kelompok 21 UMBY ini, yakni Mbah Mitro yang berusia 70 tahun. Sebagai penjual gula merah di Dusun Banjarsari, Mbah Mitro sudah kurang lebih 50 tahun berjualan. Gula merah Mbah Mitro dijual dengan menitipkan dagangan di pasar tradisional (pasar butuh). Selain itu, Mbah Mitro juga menerima pesanan dari pelanggan.

 

“Saya kurang lebih sudah 50 tahun berjualan gula merah,  Saya selalu menitipkan dagangan di pasar tradisional (pasar butuh) dan kadang juga menerima pesanan dari pelanggan,” 

 

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, penjualan Mbah Mitro kurang diminati dikarenakan banyak warga memilih untuk mengurangi mobilitas. “Saya kurang lebih sudah 50 tahun berjualan gula merah,  Saya selalu menitipkan dagangan di pasar tradisional (pasar butuh) dan kadang juga menerima pesanan dari pelanggan,” kata Mbah Mitro, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Selasa, 24 Agustus 2021…

 

Namun Mbah Mitro tidak patah semangat, dimasa pandemi ini tetap menjajakan dagangannya ke penjual yang ada di pasar. Tim KKN kelompok 21 UMBY melakukan pengarahan kepada Mbah Mitro dengan membantu mempromosikan dagangan gula merahnya melalui akun sosial media, seperti Instagram, Whatsapp dan Twitter. Hal tersebut bertujuan menjangkau masyarakat luas agar dapat melihat UMKM Dusun Banjarsari.

 

Tim KKN-PPM Kelompok 21 UMBY juga memberikan tips kepada Mbah Mitro untuk tetap menjaga kesehatan dan selalu semangat berjualan gula merah di masa pandemi, seperti sekarang ini. (*)

 

KKN 21 UMBY Bantu Promosi UMKM Lereng Merapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *