sosialisasi Sepasar.id
sosialisasi Sepasar.id

Siarpedia.com, Yogyakarta – Tim KKN-PPM Tematik Angkatan XXXIX Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dari Kelonpok 102 mengadakan sosialisasi dan juga pengenalan mengenai Sepasar.id kepada paguyuban dan juga pedagang yang ada di Pasar Prambanan. Sosialisasi dilaksanakan Minggu, 15 Agustus 2021, pukul 10.00 WIB di Ruang Serbaguna Pasar Prambanan, dihadiri perwakilan paguyuban dan juga pedagang Pasar Prambanan. .

 

Adanya wabah Covid-19, banyak pedagang di pasar tradisional mengeluhkan dagangan mereka tidak begitu banyak terjual karena masih sedikit masyarakat yang bepergian ke pasar, khususnya Pasar Prambanan. Hal inilah yang mencetuskan lahirnya aplikasi Sepasar.id untuk membantu meringankan beban pedagang di pasar tradisional, khususnya untuk memberikan solusi alternatif sepinya kunjungan

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 18 Agustus 2021, perwakilan dari Kelompok 102 M Syarif mengatakan, adanya sosialisasi Sepasar.id ini dapat mengedukasi pedagang mengenai hal apa saja yang bisa dilakukan sebagai pemecahan masalah cara berjualan. Atau implementasi mengenai teknik marketing di era adaptasi baru yang ke depannya  bisa memulihkan keadaan ekonomi secepatnya disertai  berbagai macam protokol kesehatan yang berlaku.

 

Selain itu, peserta sosialisasi juga dijelaskan mengenai bentuk kerjasama yang bisa terjalin antara pengembang Sepasar.id dengan paguyuban dan juga pedagang pasar, yaitu pembuatan online marketplace untuk mengakomodir realisasi dari bentuk pasar tradisional yang mampu berinovasi melalui media informasi dan teknologi. Hal ini pun mendapatkan respon positif dari para peserta sosialisasi, yaitu Erlina sebagai perwakilan dari pedagang Pasar Prambanan.

 

“Juga Pasar Prambanan pun bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga para pedagang bisa disibukkan kembali dengan aktivitas transaksi jual-beli nya, sepeti sebelum adanya wabah pandemi Covid-19 ini, “

 

Erlina mengatakan, adanya implementasi online marketplace di Pasar Prambanan ke depannya diharapkan efek positif dari adanya inovasi tersebut bisa membuat pedagang yang ada di Pasar Prambanan ini sangat terbantu. “Juga Pasar Prambanan pun bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga para pedagang bisa disibukkan kembali dengan aktivitas transaksi jual-beli nya, sepeti sebelum adanya wabah pandemi Covid-19 ini, “ tuturnya. (*)

 

KKN 102 UMBY Sosialisasi Sepasar.id di Pasar Prambanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *