vaksinasi
vaksinasi, Ilustrasi

Siarpedia.com, Yogyakarta – PKK DIY turut serta mengambil bagian untuk percepatan vaksinasi terhadap pada kaum disabilitas. Kepedulian ibu-ibu anggota TP PKK DIY tersebut sebagai wujud perhatian agar resiko terpapar Covid -19 pada kaum disabilitas berkurang. Diharapkan tidak hanya pada kaum disabilitas yang divaksin secara merata, namun juga orang-orang di sekitar mereka.

 

Guna mendukung langkah Tim Penggerak (TP) PKK tersebut, Ibu Wakil Gubernur DIY GKBRAA Paku Alam berdiskusi langsung dengan Asisten Staf Khusus Presiden Bidang Disabilitas Yustitia M Arief, Rabu, 18 Agustus 2021 di Gedhong Pracimasana Kompleks Kepatihan. Kedatangan Asisten Stafsus Presiden Angki Yustisia ini untuk memastikan langkah penanganan vaksinasi disabilitas oleh Pemda DIY yang didukung TP PKK berjalan sesuai dengan yang seharusnya.

 

Gusti Putri menyebut, memang berupaya menggugah Ibu-ibu TP PKK kabupaten/kota untuk berkomitmen bersama mendukung dan mendorong percepatan vaksinasi pada kaum disabilitas tersebut. Penyelenggaran vaksinasi bagi kaum disabilitas tersebut relatif berkendala daripada vaksin pada masyarakat umum. Terutama akses dan kemampuan mobilitas kaum disabilitas untuk mencapai sentra vaksinasi tersebut.

 

“Kaum disabilitas ini untuk mencapai tempat vaksinasi membutuhkan pendamping. Pendamping tidak hanya satu malah bisa sekeluarga. Saya ingin sekeluarga juga ikut divaksin. Bisa pake sinovac atau yang lain. Kalo untuk disabilitas kan biasa pake sinopharm atau sinovac,” 

 

Untuk itu, ada upaya lebih, salah satunya mempertimbangkan sistem door to door untuk mereka yang benar-benar tidak bisa melakukan mobilitas. “Kaum disabilitas ini untuk mencapai tempat vaksinasi membutuhkan pendamping. Pendamping tidak hanya satu malah bisa sekeluarga. Saya ingin sekeluarga juga ikut divaksin. Bisa pake sinovac atau yang lain. Kalo untuk disabilitas kan biasa pake sinopharm atau sinovac,” urai Gusti Putri.

 

Menanggapi hal tersebut, Yustitia mengatakan akan memastikan pelaksanaan vaksinasi pada kaum disabilitas ini bisa berjalan sesuai target. Vaksin untuk kaum disabilitas ini harus diberikan semua sebelum masa kadaluarsa habis pada bulan Oktober nanti. Yustitia menyambut baik upaya dukungan ibu-ibu TP PKK di DIY untuk mendorong percepatan vaksiansi pada disabilitas ini.. (*)

 

PKK Dorong Percepatan Vaksinasi Disabilitas
Tag pada:                    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *