Peduli Kesehatan Ibu Hamil dan Balita
Peduli Kesehatan Ibu Hamil dan Balita

Siarpedia.com, Bantul – Kesehatan merupakan hal penting dan harus dijaga sebaik-baiknya agar dapat melakukan aktivitas dengan baik dan nyaman . Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, Kuliah Kerja Nyata (KKN) tetap dapat dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan menerapkan sistem KKN secara hybrid. Seperti halnya Mahasiswa KKN Kelompok 43 dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) di Dusun Wojo Bangunharjo Sewon.

 

“Salah satu  program kerja KKN Kelompok 43 UMBY yang dilaksanakan antara lain membantu dalam kegiatan posyandu dengan sistem “Jemput Bola” di Dusun Wojo,“

 

Pelaksanaan KKN Kelompok 43 UMBY tersebut dibimbing oleh Dosen Fakultas Agroindustri UMBY, yaitu Ir Ajat Sudrajat SPt MPt IPP.  Bimbingan KKN tersebut dilakukan secara berkala melalui monitoring dan diskusi secara daring. “Salah satu  program kerja KKN Kelompok 43 UMBY yang dilaksanakan antara lain membantu dalam kegiatan posyandu dengan sistem “Jemput Bola” di Dusun Wojo,“ ucap Ketua Kelompok KKN 43 UMBY Henri Trioganda Purba.

 

Menurut Dosen Pembimbing Lapangan KKN-PPM kelompok 43 UMBY Ajat Sudrajat, kegiatan program posyandu dengan sistem jemput bola tersebut adalah salah satu solusi terbaik guna mengontrol kesehatan balita dan ibu hamil, serta dapat mencegah terjadinya stanting bagi balita. ”Mudah-mudahan ke depan banyak inovasi yang dihasilkan dalam bidang pelayanan kesehatan supaya pelayanan kesehatan berjalan dengan baik,” kata Ajat Sudrajat.

 

Disampaikan, kegiatan posyandu tersebut diikuti mahasiswa Kelompok 43 UMBY pada Senin, 2 Agustus 2021 pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. ”Mahasiswa KKN 43 UMBY membantu pelaksanaan posyandu dengan cara Jemput Bola tersebut, dengan mendatangi satu per satu rumah warga yang didampingi oleh Ibu dukuh dan salah satu kader posyandu,” katanya, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 18 Agustus 2021, .

 

Dikatakan pula, kegiatan posyandu tersebut diantaranya adalah dengan menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, dan mengukur lingkar lengan hingga lingkar kepala. Selain itu, ada pemberian vitamin, serta imunisasi. Kegiatan posyandu tersebut dilaksanakan rutin satu bulan satu kali, yang dilakukan oleh petugas posyandu, yang sesuai dengan tujuan posyandu, yaitu dari masyarakat untuk masyarakat. (*)

 

Peduli Kesehatan, KKN UMBY 43 Bantu Posyandu
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *