penanaman secara simbolis bibit tanaman di lokasi wisata Gunung Ireng
penanaman secara simbolis bibit tanaman di lokasi wisata Gunung Ireng

Siarpedia.com, Gunungkidul – Berkolaborasi bersama tokoh masyarakat Kalurahan Pengkok Patuk Gunung Kidul, Kelompok 118 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Mandiri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Angkatan ke 39 menyelenggarakan program pemberian dan penanaman 450 bibit tanaman dalam PPM di Desa Wisata Pengkok, pada 23 Juli sampai 27 Agustus 2021. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan semangat masyarakat agar lebih memberdayakan Desa Wisata Pengkok, sekaligus usaha penghijauan di tempat wisata.

 

Program kegiatan pemberian dan penanaman tersebut disusun berfokus pada usaha menguatkan Desa Wisata Pengkok sebagai destinasi wisata yang menarik di Gunungkidul. Salah satu kegiatan dari program tersebut adalah pemberian dan penanaman sejumlah 450 bibit tanaman. Kegiatan didasarkan dari hasil wawancara dengan tokoh masyarakat sekitar, bahwasanya masih diperlukannya usaha-usaha untuk meningkatkan “Gumegrahnya” masyarakat dalam mengelola Desa Wisata.

 

Berdasarkan observasi di Gunung Ireng, Kelompok 118 KKN PPM Mandiri UMBY merasa di tempat wisata tersebut membutuhkan penghijauan di beberapa titik lokasi. Bekerjasama dengan Balai Pelestarian Daerah Aliran dan Hutan Lindung Sungai Serayu Opak Progo (BPDASHL SOP), Kelompok 118 KKN PPM Mandiri UMBY mengusahakan tersedianya 450 bibit tanaman, dengan rincian 300 bibit alpukat dan durian, 100 bibit tanaman jati dan 50 bibit tanaman aren.

 

Pada 16 Agustus 2021, sejumlah 324 bibit disalurkan ke Pedukuhan di wilayah Desa Wisata, dengan harapan dapat diberdayakan oleh masyarakat. Puncaknya pada 17 Agustus 2021, mahasiwa Kelompok 118 KKN PPM Mandiri UMBY didampingi Dosen Pembimbing Lapangan Dian Sartika Sari MPsi Psikolog, beserta pemerintah desa dan perwakilan pokdarwis Gunung Ireng menyelenggarakan penyerahan dan penanaman secara simbolis bibit tanaman di lokasi wisata Gunung Ireng.

 

“Gunung Ireng merupakan salah satu tempat strategis dari segi wisata rekreasi maupun edukasi gunung purba. Hanya saja, secara fisik perlu daya tarik lain,“

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 18 Agustus 2021, Ketua KKN PPM Mandiri Kelompok 118 UMBY Nur Rahmad Hanafi menyampaikan, apabila dikembangkan usaha penanaman sejumlah 450 bibit tanaman menghijaukan di Gunung Ireng tersebut tentu mendorong wisata lebih optimal. “Gunung Ireng merupakan salah satu tempat strategis dari segi wisata rekreasi maupun edukasi gunung purba. Hanya saja, secara fisik perlu daya tarik lain,“ ucapnya. (*)

 

KKN UMBY 118 Tanam Bibit Pohon di Desa Wisata Pengkok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *