membuat jamu dari rempah-rempah
membuat jamu dari rempah-rempah

Siarpedia.com, Yogyakarta – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 77 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan program kerja praktik membuat jamu tradisional dari rempah-rempah untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi. Program kerja tersebut dilaksanakan bersama dengan ibu-ibu di dusun Rane, desa Tebuk, Nusa Tenggara Timur, Sabtu, 07/08/2021. Salah satu  peserta Florida Nona antusias saat praktik.

 

“Penting sekali menjaga imunitas tubuh tetap baik di masa pandemi ini. Hal ini dikarenakan virus COVID-19 yang belum ditemukan obatnya, cara efektif untuk bisa melawan virus ini ialah sistem imun yang kuat dalam tubuh. jamu juga bisa meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi,” 

 

Program kerja tersebut juga berawal dari ide salah satu anggota kelompok, yaitu Felix Prabandana Sangkara. “Penting sekali menjaga imunitas tubuh tetap baik di masa pandemi ini. Hal ini dikarenakan virus COVID-19 yang belum ditemukan obatnya, cara efektif untuk bisa melawan virus ini ialah sistem imun yang kuat dalam tubuh. jamu juga bisa meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi,” ucap Felix Prabandana Sangkara.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Selasa, 17 Agustus 2021, walaupun pemerintah sudah menyebar dan membagikan vaksin untuk warga Indonesia, akan tetapi sangat penting untuk menjaga imunitas tetap stabil. Maka dari itu, perlu dilakukan beberapa hal penting agar sistem imun tetap baik. Hal ini bisa dilakukan dengan olahraga, makan makanan sehat, dan salah satunya adalah mengonsumsi jamu.

 

Disampaikan, berawal dari ide tersebut, ketua kelompok KKN 77 Alfrinindita Putri Mangala bersama dosen pembimbing lapangan Valentina Dyah Arum Sari SPd MHum dan anggota kelompok 77 berdiskusi dan bersepakat untuk menjalankan program ini. Dikatakan, program ini dilaksanakan secara online melalui Video. Ketiga video diupload di channel youtube KKN 77 UMBY, lalu link video dibagikan pada grup forkom Covid-19 Desa Tebuk.

 

Selain disebarkan lewat video online, anggota kelompok yang berada di daerah lokasi KKN, Maria Veronika Sawe dan Aloysia Milenia Putri Diaz yang terjun langsung ke desa untuk  mempraktikkan ke beberapa ibu-ibu di desa Tebuk mengenai cara pembuatan jamu dari bahan rempah-rempah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal ini perlu dilakukan agar program ini bisa menjangkau kepada warga yang tidak memiliki handphone. (*)

 

KKN UMBY 77 Praktik Membuat Jamu Tradisional
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *